Dampak Bahaya yang Bisa Muncul dari Jajanan Ciki Ngebul

Kesehatan157 views

Inionline.id – Beberapa waktu belakangan, tengah ramai dibahas mengenai jajanan ‘Ciki Ngebul’ yang dikonsumsi anak-anak. Makanan ini diketahui sebagai pemicu dari sejumlah masalah kesehatan pada anak.

Penggunaan nitrogen cair pada jajanan ‘Ciki Ngebul’ atau yang populer disingkat ‘Cikbul’ dinilai dapat membahayakan organ tubuh. Pada kasus berat, jajanan yang sedang digandrungi anak-anak dapat mengakibatkan kerusakan organ.

Dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Nomor KL.02.02/C/90/2023 Tentang Pengawasan Terhadap Penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji, ada beberapa efek samping jika mengonsumsi Cikbul.

Sebagaimana SE tersebut, penambahan nitrogen cair pada produk pangan siap saji yang tidak sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat menyebabkan gangguan kesehatan atau keracunan pangan, yaitu:

  • Menyebabkan radang dingin dan luka bakar terutama pada beberapa jaringan lunak seperti kulit.
  • Menghirup terlalu banyak uap yang dihasilkan oleh makanan atau minuman yang diproses menggunakan nitrogen cair dapat memicu kesulitan bernapas yang cukup parah.
  • Mengonsumsi nitrogen yang sudah dicairkan dapat menyebabkan tenggorokan terasa seperti terbakar, karena suhu yang teramat dingin dan langsung bersentuhan dengan organ tubuh. Bahkan, tidak sedikit kasus terparah yang menunjukkan bahwa ice smoke dapat memicu kerusakan internal organ tubuh.

SE Kemenkes soal Chikbul ini ditandatangani Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu tertanggal 6 Januari 2023. Surat edaran ini dimaksudkan sebagai upaya pencegahan dan peningkatan kewaspadaan pada penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah terjadinya keracunan pangan.

Masalah Dinding Lambung

Direktur RSUD Kabupaten Sukoharjo Yunia Wahdiyati mengatakan, dari sisi kesehatan dirinya menyebut jika Ciki Ngebul itu memang tidak layak untuk dikonsumsi.

“Snack-nya layak konsumsi, yang tidak layak dikonsumsi, karena ada zat nitrogen yg ditambahkan di situ. Untuk menimbulkan efek asap bisa keluar dari mulut,” kata Yunia di Sukoharjo beberapa waktu lalu.

Efek dari nitrogen yang disemprotkan ke jajanan atau snack tersebut menjadikan makanan yang terkena zat itu menjadi tidak layak dikonsumsi terlebih bagi yang memiliki riwayat penyakit pernapasan.

“Nitrogen ini dapat menimbulkan efek negatif bila dikonsumsi, dan bila terhirup, dapat menimbulkan sesak napas. Apalagi bila konsumen memiliki riawayat asma,” tutur Yunia.

Yunia menambahkan, efek paling berbahaya apabila terlalu sering mengonsumsi snack ngebul, nitrogen itu bisa membahayakan kondisi lambung manusia yang mengonsumsinya. Kondisi itu bisa semakin parah karena kandungan nitrogen bisa merobek dinding lambung.

“Bila dikonsumsi, nitrogen cair dapat merusak dinding lambung, sehingga robek atau berlubang. Ini yang menimbulkan nyeri mendadak di perut dan perut menggembung besar dan keras,” jelasnya.