Tiga Hari Berturut-turut Karawang Diterjang Angin Puting Beliung

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Selama tiga hari berturut-turut sejumlah wilayah perkotaan dan daerah lainnya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, dilanda bencana angin puting beliung.

“Bencana angin puting beliung terjadi di sejumlah daerah, sejak Jumat (16/12) hingga Minggu ini,” kata Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, seperti diberitakan Antara di Karawang, Minggu.

Berdasarkan laporan yang diterima kepolisian, sejumlah daerah yang dilanda angin puting beliung di antaranya adalah Kecamatan Cikampek yang mengakibatkan 12 rumah rusak. Peristiwa itu terjadi pada Jumat (16/12).

Jajaran Polsek Cikampek langsung datang ke lokasi saat peristiwa terjadi. Aparat melakukan monitoring dan membantu warga membersihkan puing-puing rumah yang rusak akibat dihempas angin puting beliung.

Kepolisian turut menyalurkan bantuan sembako kepada para korban yang rumahnya mengalami kerusakan.

Sementara berdasar informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, bencana angin puting beliung juga terjadi pada Sabtu (17/12).

Pada peristiwa yang berlangsung di sore hari itu, sejumlah papan reklame ambruk setelah dihempas angin puting beliung, di antaranya di jalan raya Lingkar Bypass Karawang.

Sementara angin puting beliung di wilayah Karawang Timur tidak hanya menghempas rumah warga, namun juga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang dan sebuah menara masjid di Perumahan Elok II Warung Bambu, Karawang Timur rusak parah.

Selain itu, sebuah tiang listrik juga tumbang hingga mengakibatkan listrik padam selama sekitar tujuh jam.

Selanjutnya, pada Minggu sore ini dilaporkan angin puting beliung juga mengakibatkan papan reklame di wilayah Telukjambe Timur ambruk.

Peristiwa angin puting beliung yang terjadi saat hujan deras itu terekam dalam sebuah video hingga tersebar di sejumlah media sosial.

Hingga kini, pihak BPBD Karawang masih melakukan pendataan terkait terkait dengan terjadinya bencana angin puting beliung yang terjadi di sejumlah daerah sekitar Karawang.