Jokowi Disambut Meriah dan Disebut Sebagai Presiden Pertama yang Datang ke Katedral Bogor

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Pelaksanaan ibadah Natal 2022 yang digelar di Gereja Zebaoth dan Katedral Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/12) ditinjau langsung Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Saat tiba di Katedral Bogor, Jokowi disambut meriah dan disebut sebagai presiden pertama yang datang ke sana selama ini. Hal itu terungkap dari pernyataan Vikaris Jenderal Keuskupan yang juga Wakil Pimpinan Keuskupan Gereja Katedral Kota Bogor Yohanes Suparto usai menyambut Jokowi.

Dia mengatakan banyak warga yang bahagia melihat kehadiran Jokowi di Katedral Bogor pada hari Natal itu.

“Kami sangat, sangat suprise, betapa bahagia, bahkan banyak umat yang sungguh mengalami kebahagiaan ketika Pak Jokowi masuk (ke dalam gereja), karena bagaimanapun juga ternyata Pak Jokowi orang yang selalu mau dekat dengan siapapun,” kata Yohanes.

“Bahkan ini menjadi sejarah bagi kami gereja Bogor, karena baru Pak Jokowi sebagai Presiden yang masuk ke gereja kami ini, baru Pak Jokowi,” imbuhnya.

Yohanes mengatakan Jokowi sempat menyampaikan sambutan saat meninjau gereja. Salah satu pesan dalam sambutannya, Jokowi menitipkan agar tetap menjaga solidaritas dan toleransi demi kebangkitan bangsa.

Yohanes mengatakan pelaksanaan ibadah Natal di Katedral Bogor berjalan aman dan tertib. Sekitar seribu jemaat mengikuti ibadah Natal pada Minggu ini.

Menurut dia, penjagaan tak hanya dilakukan oleh TNI/Polri, tapi juga ada sejumlah organisasi masyarakat yang ikut membantu menjaga proses jalannya ibadah Natal tahun ini.

“Banyak ormas kemarin yang gabung untuk menjaga kekondusifan perayaan natal ini, dari kemarin hingga tadi malam semuanya berjalan lancar,” katanya.

Dalam kunjungan hari ini, Jokowi didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya ke Gereja Zebaoth di Jl Ir Juanda Kota Bogor. Kemudian, Jokowi melanjutkan perjalanan memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral Kota Bogor.

“Pertama-tama saya menyampaikan Selamat Natal dan selamat menyambut tahun baru 2023,” kata Jokowi.

“Saya lihat tadi, Bapak, Ibu, semuanya bahagia damai menyambut Natal pagi ini dan mari bersama sama kita terus mempererat tali persaudaraan memperkuat lingkungan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Natal, semoga Tuhan memberkati kita semua,” tambahnya.

Sementara itu, Bima Arya yang mendampingi Jokowi mengatakan perihal kunjungan pertama presiden ke Katedral itu pun menjadi perbincangan di ruang tunggu.

“Itu tadi pembicaraan di ruang tunggu Katedral ketika Presiden (Jokowi) menunggu. Saya tanya ke Romo dan dijawab begitu, baru kali ini (Katedral Bogor dikunjungi presiden saat Natal),” kata Bima Arya kepada wartawan.

Hal serupa juga diungkap pegiat paduan suara Gereja Katerdral Bogor, Rita B Marcia. Menurutnya, kedatangan Jokowi ke Katedral Bogor adalah hal yang luar biasa.

“Belum pernah datang iya, presiden kan kalau Natal selalu di Katedral Jakarta, sebagai kepala negara selalu ke sana. Katedral Bogor tuh baru sekarang, hari ini kan ada Zebaoth juga yang dikunjungi presiden hari ini ya. Ini luar biasa,” ucap Rita yang bergabung dalam paduan suara Gereja Katedral Bogor sejak 1989 itu

“Kalau untuk kami, saya secara pribadi ya, saya sangat terharu lah ya, ini hadiah Natal terindah untuk Katedral Bogor, untuk umat Katedral, itu kado indah buat kami,” ujarnya.