H-7 Jelang Natal 137 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Berita357 views

Inionline.id – Jasa Marga mencatat telah ada 137.118 kendaraan yang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada Minggu (18/9) atau H-7 jelang Natal.

Jumlah tersebut berdasarkan kendaraan yang melintas di empat gerbang tol (GT) yakni GT Cikupa (arah Merak), GT Ciawi (arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (arah Bandung).

“Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 6 persen jika dibandingkan lalin normal periode Juni 2022 dengan total 129.455 kendaraan,” Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dalam keterangannya, Senin (19/12).

Jasa Marga mencatat jumlah tersebut mayoritas menuju ke arah timur atau Trans Jawa dan Bandung, arah barat atau Merak dan arah selatan atau Puncak.

Rinciannya, sebanyak 32.543 kendaraan menuju ke arah Trans Jawa melalui GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah ini naik 10 persen dibanding lalu lintas normal.

Kemudian, kendaraan yang menuju ke arah Bandung melalui GT Kalihurip Utama Jalan Tol Cipularang ada sebanyak 35.343 kendaraan.

Lalu, ada sebanyak 39.100 kendaraan yang menuju ke arah Merak melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak. Jumlah kendaraan ini turun 5 persen dibanding dari lalin normal.

Terakhir, kendaraan yang menuju ke arah Puncak melalui GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi sebanyak 30.132 kendaraan atau naik sebesar 5 persen dari kondisi normal.

Jasa Marga lalu mengimbau kepada para pengendara yang melintas di ruas jalan tol untuk memastikan kendaraannya dalam keadaan prima.

“Pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas,” ucap Lisye.