Final Kedua Lionel Messi di Piala Dunia

Inionline.id – Argentina berhasil melaju ke laga puncak Piala Dunia 2022 setelah menyikat Kroasia tiga gol tanpa balas di babak semifinal. Ini menjadi final keenam Albiceleste dalam sejarah, atau kedua untuk Lionel Messi.

Bermain di Lusail Stadium, Rabu (14/12) dini hari WIB, gol-gol kemenangan Argentina dicetak oleh Messi di menit ke-34, disusul dua gol dari Julian Alvarez pada menit ke-39 dan 69. Setelah menanti delapan tahun, Tim Tango kembali ke final.

Sebelum ini, Argentina sudah merasakan partai final pada Piala Dunia 1930, 1978, 1986, 1990, dan 2014 serta berhasil menjadi juara dua kali, yakni di tahun 1978 dan 1986. Messi sendiri sudah pernah tampil di final pada 2014, namun gagal juara.

Saat itu, Argentina tumbang 0-1 dari Jerman di Stadion Maracana berkat gol tunggal Mario Gotze. Di dalam skuad Argentina saat ini, hanya tersisa Messi dan Angel Di Maria yang merupakan alumni 2014. Tentu keduanya tak ingin tumbang untuk kedua kalinya.

Keberhasilan Argentina kali ini menyamai catatan Italia, yang absen di dua edisi terakhir Piala Dunia. Gli Azzurri juga sudah enam kali tampil di final, dan berhasil memenangi empat di antaranya, terakhir pada 2006.

Meski begitu, Argentina masih kalah dari Brasil yang sudah tujuh kali ke final (juara lima kali) dan Jerman yang memegang rekor terbanyak tampil di final Piala Dunia, yakni sebanyak delapan kali dan berhasil memenangi empat di antaranya.

Rekor penampilan terbanyak di final Piala Dunia:

Jerman – 8 kali ke final, 4 kali juara

Brasil – 7 kali ke final, 5 kali juara

Italia – 6 kali ke final, 4 kali juara

Argentina – 6 kali ke final, saat ini 2 kali juara (menunggu hasil final pada 18 Desember)