PKL di Stadion Pakansari akan Disterilkan Satpol PP Bogor

Antar Daerah457 views

Inionline.id – Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyoroti adanya pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Stadion Pakansari, yang sebenarnya kawasan tersebut harus steril. Satpol PP Kabupaten Bogor kemudian segera menindaklanjuti terkait permasalahan itu.

“Hari ini kita merapatkan, menindaklanjuti Pakansari dengan dinas-dinas terkait. Termasuk dari unsur Muspida, ada Kapolres, Dandim, dan lain-lain,” kata Kasatpol PP Kabupaten Bogor Cecep Iman Nagarasid, Rabu (2/11/2022).

Cecep juga meminta dinas terkait lainnya berkolaborasi menata kawasan Stadion Pakansari. Dia mencontohkan, apabila Satpol PP melakukan penertiban, dinas lainnya bergerak pada bidang masing-masing.

“Kepada yang lain, Dishub, DPKPP, ketika Satpol melakukan penertiban, ikut kegiatan yang berkaitan dengan indahnya Pakansari. DPKPP misalnya menata taman, pemagaran. Kemudian Dishub mengamankan perkarkirannya berkolaborasi dengan Dispora. Jadi, tanpa barengan, sulit,” ungkapnya.

Cecep menjelaskan, bukan dirinya melarang PKL untuk berjualan di area Stadion Pakansari. Ia menyebut, apabila ingin berjualan, PKL harus mengikuti prosedur secara legal yang berlaku.

“Untuk para PKL, bukan dilarang untuk berjualan. Mangga berjualan, tapi jangan di situ. Silakan Anda bersurat atau bentuk kelompok, sampaikan ke pimpinan. Diwadahi oleh Pak Camat atau Lurah, seperti apa nanti pimpinan menyikapinya, nanti akan mencari solusi. Termasuk mungkin tempatnya, jadi Pakansari terselesaikan gitu,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah pedagang kaki lima (PKL) masih banyak terdapat di area Stadion Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Padahal kawasan tersebut seharusnya steril dari aktivitas PKL.

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan pun mempertanyakan mengapa masih banyak PKL di area tersebut. Dia akan mengevaluasi Satpol PP terkait hal tersebut.

“Sebetulnya nggak boleh…. Saya sekarang mempertanyakan kenapa ada pembiaran. Itu kan bikin kumuh ya, dan tidak nyaman saja. Nanti akan kita evaluasi dari Satpol PP,” kata Iwan kepada wartawan di Cibinong, Senin (31/10).

Iwan menyoroti adanya dugaan petugas Satpol PP yang membiarkan adanya PKL tersebut. Dia meminta agar hal itu segera diselesaikan.

“Iya makanya oknum itu, kita akan cari. Saya perintahkan hari ini untuk membereskan itu,” paparnya.