Menkes Mencatat Sebanyak 84 Persen Pasien Covid Meninggal Sebulan Terakhir Belum Suntik Booster

Berita257 views

Inionline.id – Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) mencatat sebanyak 84 persen pasien atau sebanyak 1.373 orang yang meninggal akibat terinfeksi virus corona (Covid-19) selama periode 4 Oktober-8 November 2022 dilaporkan belum menerima vaksin dosis ketiga alias booster.

Budi juga melaporkan 74 persen pasien Covid-19 dari 10.639 pasien dengan gejala sedang, berat, hingga kritis yang dirawat di fasilitas kesehatan belum juga menerima vaksin booster.

“Vaksin ini sangat penting untuk melindungi kita terutama yang usia lanjut. Kalau sudah booster, maka risiko kesakitan dan kematian karena COVID-19 turun jauh dibandingkan yang belum vaksin,” kata Budi dikutip dari situs resmi Kemenkes, Rabu (9/11).

Dalam laporan data yang diterima dari Menkes Budi, ia juga mencatat bahwa jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit mengalami tren kenaikan sangat cepat dalam beberapa pekan terakhir. Yang awalnya 2.300 menjadi sekitar 5 ribu ke atas.

mantan Wakil Menteri BUMN itu mengatakan lebih dari 50 persen pasien Covid-19 di Intensive Care Unit (ICU) berusia lebih dari 60 tahun. Budi juga mencatat lebih dari 32 persen pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit juga sama sekali belum divaksin.

Lebih lanjut, Budi juga menyoroti capaian vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah yang masih cukup lamban, terutama pada capaian vaksinasi kelompok warga lanjut usia (lansia).

Sebanyak tujuh dari 34 provinsi di Indonesia menurutnya masih belum dapat mencapai 70 persen target vaksinasi lansia dosis pertama. Sementara sebanyak 24 provinsi belum dapat mencapai 70 persen target vaksinasi lansia dosis kedua.

Demikian halnya dengan capaian vaksinasi booster. Baru tiga provinsi di Indonesia yang memenuhi target 50 persen capaian vaksin pada lansia, yaitu provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Jawa Barat. Sementara delapan provinsi berada di kisaran 30-45 persen, dan sisanya masih di bawah 30 persen.

Dengan demikian, Budi meminta kepada seluruh dinas kesehatan untuk terus menggenjot capaian vaksinasi di wilayahnya masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan mengaktifkan sentra-sentra vaksinasi hingga upaya jemput bola kepada masyarakat.

“Sekali lagi pesan saya satu, segera booster, agar seluruh masyarakat kita terlindungi dari Covid-19,” ujarnya.