Maudy Ayunda: Sekolah Menjadi Rumah Kedua dan Guru Orang Tua Ketiga Bagi Saya

Pendidikan1757 views

Inionline.id – Aktris, model, sekaligus penyanyi Maudy Ayunda dikenal sebagai selebriti yang dekat dengan dunia pendidikan.  Maudy menjadi sosok muda inspiratif yang tak hanya multi talenta, namun juga hobi belajar.

Jebolan Oxford dan Stanford University ini menceritakan pengalamannya selama di masa sekolah.  Bahkan kecintaannya terhadap pendidikan membuat Juru Bicara Pemerintah untuk Presidensi G20 ini betah berlama-lama di sekolah.

Maudy Ayunda mengingat masa kecilnya saat bersekolah, di mana sekolah menjadi rumah kedua baginya. Ia sampaikan apresiasi dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para guru Indonesia.

“Terima kasih sudah menjadi guru. Sekolah itu rumah kedua saya, dan guru-guru saya itu orang tua ketiga saya,” kata Maudy saat berdialog dengan sejumlah guru di peringatan puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2022, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 26 November 2022.

Dalam dialog yang dimoderatori Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim itu, Maudy menyatakan rasa kagumnya terhadap cara-cara guru mengajar dan menerapkan Merdeka Belajar di sekolahnya masing-masing.

“Semangat terus untuk menciptakan kecintaan anak-anak untuk belajar dan semangat terus memberdayakan anak-anak Indonesia,” pesan Maudy kepada para guru.

Ia melihat bahwa kini secara langsung guru-guru aktif melibatkan anak-anak dalam proses belajar mereka sendiri. “Itu adalah metode yang efektif,” ungkapnya.

Ia juga menceritakan pengalaman di masa sekolahnya, ketika ia diberikan kebebasan oleh guru untuk mengekspresikan pembelajaran dengan cara yang sesuai dengan minatnya, maka ada rasa kepemilikan yang tumbuh dalam proses belajar itu. Dengan begitu, pada saat nilainya bagus, ada kepuasan yang rasanya berbeda sekali.

“Belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan dan peran guru ke depan harus dikembangkan agar para guru bisa menumbuhkan benih motivasi belajar bagi murid,” harap Maudy.

Pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 Nadiem Makarim berbincang dengan para guru inspiratif dari berbagai wilayah dan Maudy Ayunda. Selaku moderator, Nadiem menggali praktik baik yang mereka lakukan dalam menghadirkan pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan di sekolah sesuai potensi peserta didik.

Suasana belajar yang menyenangkan kembali ditekankan Nadiem sebagai faktor penting untuk menghadirkan pembelajaran yang efektif dan berdampak. Menurutnya, jika seorang anak mengasumsikan pembelajaran sebagai sesuatu yang membosankan, menyebalkan bahkan menyakitkan maka anak itu akan mengasosiasikan belajar dengan hal yang negatif.

Untuk itu, penting untuk memahami potensi setiap peserta didik.  “Untuk menjadikan anak sebagai pembelajar sepanjang hayat maka pembelajarannya harus menyenangkan. Dengan demikian, yang lebih penting adalah kemampuan untuk mencintai belajar bukan sekadar menghafal pelajaran,” ujar Nadiem.