Khofifah Bangga Unair Mencapai Peringkat 81 pada Top 100 Perguruan Tinggi Asia

Pendidikan257 views

Inionline.id – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersyukur dan bangga atas prestasi yang dicapai Universitas Airlangga (Unair) dalam pemeringkatan perguruan tinggi kelas dunia oleh QS World University Rankings. Unair berhasil naik peringkat dari 465 menjadi peringkat 369.

“Di tingkat dunia, Unair berada di rangking 369, sedangkan di level Asia Unair berada di peringkat 81. Ini merupakan prestasi luar biasa sekaligus hadiah untuk Dies Natalis Unair ke-68,” kata Khofifah usai menghadiri ulang tahun ke-50 IKA Unair dikutip dari laman unair.ac.id, Senin, 14 November 2022.

Khofifah berpesan prestasi membanggakan tersebut harus dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Khofifah yang juga alumni Unair meminta seluruh sumber daya manusia (SDM) mulai dosen dan mahasiswa terus meningkatkan kualitas dan memperkuat sinergitas.

Sehingga, ke depan mampu membangun dan memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

“Peningkatan kualitas SDM dan kolaborasi dengan berbagai pihak bisa meningkatkan pencapaian lebih baik lagi ke depannya sekaligus memperbesar peran dan kontribusi Unair bagi masyarakat bangsa dan negara,” tegas dia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Unair Muhammad Madyan mengaku meski peringkat Unair mengalami kenaikan, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. Utamanya, terkait pemanfaatan inovasi dan ilmu pengetahuan.

“Kami akan terus melakukan jejaring, baik dalam negeri maupun luar negeri. Artinya, kolaborasi yang lebih tinggi dengan berbagai pihak. Unair tidak mungkin berdiri sendiri,” ujar Madyan.

Madyan juga menegaskan peringkat baik bukan tujuan utama. Proses dan seluruh usaha dalam perbaikan pada setiap sektor menjadi landasan utama untuk terus bergerak maju demi menjadi kampus unggul dan diakui dunia.

“Dengan langkah dan upaya ini kami tentu berharap bahwa Unair bisa dan mampu menjadi SMART University,” tutur dia.

Hingga kini, baru lima universitas di Indonesia yang berada dalam top 500 dunia, yaitu Unair, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor.