Alfest 2022, Majelis BKOMS Al-Azhar BSD Adakan Talkshow “Teachers Apreciation Day”

Inionline.id – Majelis Badan Koordinasi Orang tua Murid dan Sekolah (BKOMS) Sekolah Islam (SI) Al-Azhar Bumi Serpong Damai (BSD) mengadakan talkshow “Teachers Apreciation Day” di Gedung Serba Guna, Rabu (23/11/22).

Bertemakan “Kurikulum Merdeka : Bagaimana Mengembangkan Karakter, Keterampilan, dan Aspek dengan Cara yang Menyenangkan” talkshow tersebut diikuti oleh 200 guru SI Al-Azhar BSD.

Turut dihadiri sebagi narasumber Dr. R. Muktiono Waspodo, Mpd selaku Widyaprada ahli utama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Henny Supolo Sitepu selaku Ketua Yayasan Cahaya Guru, serta Dra. Tiwin Herman, MPsi selaku Psikolog SI Al-Azhar BSD, dan dimoderatori oleh Syahnaz Haque.

Ketua Majelis BKOMS, Rani Ridayanti, SH, MH mengatakan bahwa talkshow ini merupakan rangkaian kegiatan Al-Azhar Festifal 2022 (Alfest 2022).

Talkshow ini, lanjut Rani, juga bertujuan menyambut perayaan Hari Guru dan dipersembahkan untuk para guru SI Al-Azhar BSD, karena para narasumber banyak menyajikan perihal bagaimana menjalankan kurikulum merdeka.

“Tahun ini Al-Azhar berumur 30 tahun, jadi kami buat istimewa. Pada talkshow kali ini juga, banyak ilmu yang bisa kita serap oleh bapak dan ibu guru,” katanya.

Hal serupa diucapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Majelis BKOMS, Paramita Apriani. Dia menerangkan, kegiatan ini telah memberikan inside atau masukan kepada guru-guru mengenai kurikulum merdeka.

“Sekarang itu lagi hypening kurikulum merdeka, jadi Kita memberikan inside kepada guru-guru ini mengenai bagaimana sih kita mendevelop karekter dan skil, tapi dengan cara menyenangkan,” terangnya.

Sebab itu, ucap Paramita, berdasarkan materi yang di sampaikan pada talkshow ialah guru dahulu yang harus memulai, supaya anak-anak bisa santai ketika pembelajaran berlangsung.

“Makanya kalau kita dengerin tadi materinya, mulai dulu dari gurunya supaya anak anak bisa enjoy juga dengan materinya,” tandasnya.

Pada akhir talkshow, Syahnaz selaku moderator menyebutkan bahwa untuk menjadi guru yang merdeka, para guru disarankan untuk melakukan 4E (Easy, Enjoy, Excellent, dan Earn)

Easy adalah melakukan hal yang menurut  guru itu mudah. Enjoy dimaksudkan bisa menikmati dalam kegiatan belajar mengajar. Excellent dimaksudkan menyampaikan dengan cara yang bagus. Kemudian Earn adalah menghasilkan sesuatu.