Pasien Omicron XBB Terdeteksi di Surabaya

Berita157 views

Inionline.id – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan Covid-19 varian Omicron XBB sudah terdeteksi masuk di Kota Pahlawan. Saat ini, pasien tersebut tengah dirawat di National Hospital Surabaya.

“Infonya kemarin udah ada satu yang dirawat di RS National Hospital,” kata Eri kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Rabu (26/10) kemarin.

Tapi, Politikus PDI Perjuangan itu menyebut pasien varian XBB yang dirawat tersebut bukanlah warga Surabaya, melainkan pasien rujukan dari luar kota.

“Yang di National Hospital itu infonya bukan warga Surabaya. Cuma kemarin ada yang dirawat di sana,” ujarnya.

Ia menjelaskan, varian XXB ini sama dengan Omicron yang mana penularannya dapat terjadi dengan cepat, begitupun dengan penyembuhannya yang tidak memakan waktu lama.

“Jadi tetap warga Surabaya dijaga prokes, pola hidup sehat, olahraga. InsyaAllah akan sehat,” kata Eri.

Namun, saat varian baru XXB sudah masuk Surabaya, vaksin Covid-19 justru sudah habis dan belum ada kiriman lagi dari pemerintah pusat. Ia meminta warga untuk menjaga imunitas tubuh dengan menjaga pola hidup sehat.

“Jadi kalau hari ini warga Surabaya untuk bisa dikendalikan meskipun vaksin telat, ya harus tenang. Kalau tenang enggak ada penyakit. Tapi kalau udah stress turun imun, amblas. Makanya saya berharap, dengan vaksin yang belum turun ini tetap aja seperti biasa,” katanya.