Akibat Kebakaran Hebat di Asmat Papua 200 Warga Kehilangan Rumah

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Permukiman di Kota Agast, Kabupaten Asmat, Papua dilanda Kebakaran. Sebanyak 200 rumah dilaporkan terbakar.

Kebakaran terjadi di sekitar Pasar Dolok Agast, Kabupaten Asmat, Minggu (16/10/2022), sekitar pukul 05.00 WIT. Kebakaran diduga akibat ada kompor warga yang meledak.

“Data yang sementara kami kumpulkan ada 200 warga kehilangan rumah. Kami masih terus kumpulkan datanya, termasuk beberapa tempat usaha yang terbakar,” kata Komandan Koramil 1707-08 Agast Kapten Roni, Minggu (16/10).

Sementara itu, Wakil Komandan Yonif R 600/Modang Mayor Inf Ganda Samosir mengungkapkan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIT. Saat itu salah seorang prajuritnya membangunkannya dan mengatakan sekitar Pos Bulog terjadi kebakaran.

“Mendengar ada kabar kebakaran. Dalam waktu 5 menit saya minta seluruh pasukan yang tidur bangun dan berkumpul. Lalu saya minta mereka bawa alat-alat apa saja untuk memadamkan api. Dengan berjumlah 40 orang kami pun membantu warga,” kata Mayor Ganda ketika dihubungi terpisah.

Ganda mengatakan di lokasi sangat minim air untuk digunakan memadamkan api. Ditambah kota Agast merupakan kota papan atau rumah papan di atas rawa sehingga menyulitkan pemadaman api.