Anies Baswedan Letakkan Batu Pertama Pembangunan RS Khusus Bedah di Jakarta

Antar Daerah457 views

Inionline.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meletakkan batu pertama pembangunan rumah sakit (RS) Toto Tentrem di Tebet, Jakarta Selatan, Senin (26/9). Rumah sakit itu akan diperuntukkan bagi kasus-kasus bedah dengan layanan pengobatan regenaratif.

Anies mengatakan Jakarta sebagai megapolitan terbesar di sisi selatan dunia harus memiliki terobosan dan invovasi dalam layanan kesehatan.

“Kita membutuhkan sekali terobosan, inovasi layanan kesehatan yang bisa menggunakan pendekatan-pendekatan terbaru di bidangnya,” kata Anies saat memberikan sambutan.

Ia menyampaikan pembangunan rumah sakit itu oleh pihak swasta. Pemprov DKI, kata dia, akan membantu salah satunya dari sisi perizinan.

“Kemunculan fasilitas kesehatan oleh pihak swasta yang bisa menawarkan keunikan, kekhususan pelayanan menjadi sesuatu yang kita apresiasi. Kami di Pemprov DKI Jakarta bersyukur apabila lebih banyak lagi pihak yang mau ikut ngurusin masalah kesehatan di Jakarta,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Anies juga berpesan agar proses pembangunan rumah sakit itu mengikuti ketentuan soal pengangkutan barang. Ia meminta lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan dikoordinasikan dengan baik.

“Pastikan soal tanah-tanah yang keluar, bawa, tidak tertinggal, terseret seret di sepanjang jalan. Hal-hal itu yang saat ini harus menjadi perhatian pada fase konstruksi,” katanya.

Sementara pada aspek pelayanan, Anies berharap rumah sakit bisa menyesuaikan dengan kondisi pascapandemi.

“Sebelum pandemi kita punya konsep yang berbeda di dalam penanganan orang yang datang. Nah, sekarang sudah melewati pandemi sudah banyak sekali masukan dan mudah-mudahan nanti bisa terakomodasi di sini,” katanya.