Rayakan HUT ke-77 RI Masjid Istiqlal Menggelar Lomba Hingga Potong Tumpeng

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Dalam rangka HUT ke-77 RI Masjid Istiqlal Jakarta Pusat menggelar potong tumpeng kemerdekaan dan sejumlah perlombaan. Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh lintas agama.

Rabu (17/8/2022) acara diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh para tokoh lintas agama. Imam Besar Nazaruddin Umar bertindak sebagai inspektur upacara HUT ke-77 RI.

Selanjutnya, acara potong tumpeng kemerdekaan dilakukan. Tumpeng tersebut dipotong oleh Nazaruddin Umar selaku Imam Besar atau perwakilan umat Islam.

Terlihat Nazaruddin Umar memberikan potongan-potongan tumpang itu kepada para tokoh lintas agama yang hadir.

Acara dilanjutkan dengan launching majalah Istiqlal. Kemudian dilanjut dengan penampilan tari nirmala.

“Yang pertama ini sejarah baru buat bangsa Indonesia, ini baru kali pertama sejak Indonesia merdeka, ada upacara lintas agama dilakukan di salah satu rumah ibadah tepatnya di Masjid istiqlal, kita berharap tahun-tahun yang akan datang hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan itu betul-betul semua komponen bangsa yaitu betul-betul merasa memiliki NKRI,” kata Nazaruddin Umar, Rabu (17/8/2022).

Nazaruddin mengatakan antar umat beragama harus saling berkomitmen menjaga kesatuan NKRI. Dia menyebut jika semua dapat menyatu, maka dapat menghadapi masalah-masalah yang ada.

“Kalau antara ulama dan pemerintah tokoh agama dan pemerintah itu menyatu maka sebesar apapun persoalan dihadapi bangsa ini akan menjadi kecil. Tidak mungkin pemerintah bisa menyelesaikan persoalannya sendiri, maka itu harus menggandeng semua komponen bangsa,” katanya.

Dia mengatakan setelah acara launching majalah, akan dilanjutkan dengan perlombaan-perlombaan HUT ke-77 RI. Salah satunya tarik tambang dan sebagainya.

“Abis ini ada tarik tambang, pertandingan-pertandingan lomba-lomba. Jadi ini antar umat beragama, yang sangat penting di lingkungan,” katanya.