KAI Jalankan Kembali Lokomotif Listrik Tertua di Indonesia di HUT ke-77 RI

Berita257 views

Inionline.id – Untuk memperingati HUT ke-77 RI PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero mengoperasikan dua Lokomotif bersejarah Bon-Bon dan Kereta Djoko Kendil. Dua kereta bersejarah itu diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Tanjung Priok.

Kegiatan bertajuk ‘Kereta Bersejarah Menyapa’ itu dihadiri oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo beserta jajaran KAI dan komunitas Indonesian Railway Preservation Society (IRPS). Didiek menyebut, acara ini untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa PT KAI berkomitmen melestarikan warisan bersejarah.

“Apa yang kita lakukan pada hari ini, ingin menunjukkan bahwa kecintaan masyarakat pada kereta api, ini kami wujudkan, kami tunjukkan bahwa PT KAI melestarikan warisan bersejarah,” kata Didiek di Stasiun Tanjung Priok, Rabu (17/8/2022).

Penjelasan Paskibra soal Merah Putih Gagal Berkibar di Upacara Pemkot Solo
Didiek juga mengucapkan apresiasi kepada para pencinta kereta api yang telah banyak memberikan saran untuk kemajuan PT KAI. Ia juga sampaikan komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan ke depannya.

“Kami sebagai generasi penerus insan kereta api akan terus menjaga dan membangun perkeretaapian sehingga lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat. KAI berkomitmen untuk menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” pungkasnya.

Lokomotif Bon-bon atau Lokomotif Listrik ESS3201 merupakan lokomotif listrik pertama yang beroperasi di Indonesia. Lokomotif ini mulai dijalankan pada 6 April 1925. Rute yang dijalani mulai dari Tanjung Priok-Meester Cornelis (Jatinegara).

Sedangkan Kereta Djoko Kendil pertama kali dioperasikan pada 1938 untuk melayani kereta mewah Nacht Express dengan rute Surabaya-Yogyakarta-Purwokerto-Jakarta.