Wakil Ketua DPRD Jabar Siap Advokasi TPT Sungai Cidurian Bogor

Antar Daerah257 views

Bogor, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat menggelar reses III tahun 2021-2022 di Rumah Makan Kampung Kahyangan, jalan raya Leuwisadeng-Jasinga, Kabupaten Bogor, Kamis (07/07/2022).

Acara tersebut menghadirkan organisasi Persatuan Umat Islam (PUI) Kabupaten Bogor serta kepala desa sekitar.

Dalam sesi tanya jawab, Kepala Desa Bunar Jajat Sudrajat mencurahkan kegunsahannya terkait bencana banjir sungai Cidurian yang mengancam desanya.

“Sudah 2 tahun ini Desa Bunar, khususnya di Kampung Lawangtaji RT 02 RW 10 itu masyarakat yang tinggal di bantaran sungai terkena banjir, bahkan rumah saya beserta sawahnya habis tersapu banjir,” ungkap Jajat.

Dirinya juga mengaku telah mengadu ke DPRD Kabupaten Bogor hingga BPBD untuk dibuatkan Tanggul Penahan Tanah sepanjang 30 meter, namun hingga hari ini belum ada realisasi nyata dari Pemerintahan Kabupaten Bogor.

“Padahal dampaknya ke jembatan Lawangtaji, kalau bapak tidak percaya silahkan sekarang juga lihat. Saya sampai berkorban beli matras sebenarnya bukan menjaga rumah saya tapi menjaga jembatan nasional itu yang di Lawangtaji, alhamdulillah sekarang jika ada banjir tidak begitu menerjang ke ujung karensa sudah saya hadang memakai bronjong,” tukasnya.

Sesi foto bersama Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat bersama PUI Kabupaten Bogor, Kamis (07/07/2022).

Merespon hal tersebut, Achmad Ru’yat menyebutkan akan membuka komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Bogor agar segera ada langkah nyata pembangunan TPT di Desa Bunar.

“Penanganan pasca bencana itu harus betul-betul komprehensif di Sukajaya maupu Cigudeg khususnya Desa Bunar, tentu ini terkait dengan infrastuktur dari instansi terkait di Pemprov Jawa barat mudah-mudahan ini diajukan Bupati Bogor ke Provinsi agar sungai Cidurian tidak hanya ditengok-tengok pasca bencana, tapi betul-betul langsung ada action dan langkah kongkrit memperbaiki infrastruktur yang rusak,” kata Ru’yat.

Pasca bantuan betonisasi jalan di Sukajaya oleh Provinsi Jawa Barat lewat advokasi Achmad Ru’yat, kali ini mantan Wakil Walikota Bogor ini pun siap memberikan perhatian alokasi anggaran untuk pembangunan TPT sungai Cidurian.

Ketua PUI Kabupaten Bogor, Samsi Akbar Aflah berharap, guna memuluskan pemekaran Kabupaten Bogor Barat, dirinya mendorong Achmad Ru’yat untuk maju ke DPR RI pada Pemilu 2024 nanti.

“Beliau kita ajak, kita dorong dan PUI sepakat mendorong Achmad Ru’yat duduk di Senayan DPR RI, tidak lagi Jawa Barat agar lebih luas, tidak hanya Jawa barat tapi Indonesia,” pungkasnya.