Usai Piala AFF Timnas Indonesia U-19 Dijadwalkan Menjalani TC

Inionline.id – Usai gugur di Piala AFF Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menjalani Training Center (TC). Latihan terpusat digelar di Jakarta hingga ke Eropa.

Langkah Indonesia di Piala AFF U-19 2022 terhenti di fase grup. Garuda Nusantara gagal lolos setelah finis di posisi ketiga Grup A di bawah Vietnam dan Thailand.

Indonesia sebenarnya memiliki poin sama dengan Vietnam dan Thailand, yakni 11 poin. Namun, Muhammad Ferrari dkk kalah dalam hitungan head-to-head ketimbang The Golden Star dan War Elephant.

Piala AFF U-19 2022 bukan satu-satunya turnamen yang diikuti Timnas Indonesia U-19 tahun ini. Garuda Nusantara masih akan mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 pada September mendatang.

Tidak hanya itu, Timnas Indonesia U-19 juga dipersiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023. Indonesia sudah memastikan tempat sebagai tim tuan rumah.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mengagendakan Training Center (TC) untuk para pemainnya. Pelatihan terpusat digelar demi mengasah kemampuan skuad menghadapi lawan-lawan yang lebih tangguh ketimbang di Piala AFF U-19.

“Untuk TC berikutnya akan diadakan di Jakarta untuk menuju kualifikasi AFC. Setelah itu dengan adanya dukungan penuh dari Ketum PSSI, jadi kami akan berangkat ke Eropa mungkin ke dua negara, di awal September. Hampir 50 hari ada di Eropa untuk TC,” kata Shin Tae-yong di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022).

“Untuk masalah striker sudah ada perkembangan, tetapi lawan kita bukan tim-tim yang ada di AFF, tapi tim yang lebih kuat yang sekarang kita lawan. Jadi perlu usaha yang lebih banyak lagi,” dia menambahkan.

“Memang performa kita bagus di ajang ini, kecuali lawan Vietnam dan Thailand, tetapi lawan kita bukan tim-tim seperti ini, melainkan lebih kuat dan keras. Oleh sebab itu perlu usaha lebih dari tim kita sendiri,” Shin Tae-yong menuturkan.