Presiden Jokowi Menginstruksikan Jemaah Haji dari Saud untuk Segera Disuntik Vaksin Booster

Berita057 views

Inionline.id – Diinstruksikan Presiden Joko Widodo untuk seluruh jemaah haji yang baru pulang ke Indonesia untuk segera melakukan vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas (ratas) tentang evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kantor Presiden, Senin (18/7).

“Bapak Presiden memberikan arahan untuk semua jemaah haji yang baru pulang dan belum di-booster diminta sambil menunggu di asrama haji, sebelum dijemput oleh keluarganya bisa dibooster,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan.

Budi menyebut Jokowi juga menginstruksikan agar capaian vaksinasi booster terus dipercepat. Pasalnya, saat ini capaian vaksin booster di Indonesia masih tergolong rendah.

Berdasarkan data, sampai dengan hari ini baru 53.062.295 orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga. Artinya baru 25,48 persen dari target nasional sebanyak 208.265.720 penduduk.

“Oleh karena itu Bapak Presiden memberikan arahan agar vaksinasi booster itu dipercepat,” ujar Budi.

“Beberapa kegiatan masyarakat nanti akan kita minta agar diwajibkan vaksinasi booster dengan tujuan untuk melindungi masyarakat,” paparnya menambahkan.

Diketahui, jemaah haji asal Indonesia sudah mulai pulang ke tanah air setelah fase puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina berakhir.

Proses pemulangan sudah dimulai sejak Jumat (15/7), khususnya bagi jemaah haji yang berangkat pada gelombang pertama awal Juni.