Untuk Penentuan Juara Liga Italia Serie A Munculkan Ide Play-off

Inionline.id – Pihak Serie A dilaporkan tengah membahas ide digelarnya laga play-off dalam penentuan Scudetto. Play-off juara Liga Italia bakal diadakan jika dua tim teratas punya poin sama.

AC Milan berhasil meraih gelar Liga Italia 2021/2022. Rossoneri memastikan juara di pekan terakhir usai menang 3-0 di markas Sassuolo.

Mereka meraih Scudetto setelah memenangi persaingan sengit dengan sang rival sekota Inter Milan. Milan juara dengan raihan 86 angka unggul dua angka dari Nerazzurri.

Milan sebenarnya hanya butuh hasil imbang di pekan terakhir untuk juara. Pasalnya, mereka unggul head to head dari Inter Milan.

Dalam aturan Serie A, jika dua tim teratas punya poin sama penentuan juara dilihat dari head to head. Andai rekor head to head juga imbang barulah selisih gol lalu juga jumlah total gol yang jadi acuan. Jika masih berimbang, undian dilakukan untuk menentukan juara.

Sistem penentuan juara Serie A jika ada dua tim dengan poin sama ini dikabarkan mulai ditinjau untuk diubah. Menurut Gazzetta dello Sport, pihak Liga Italia mengadakan pertemuan untuk membahas hal tersebut Rabu (8/6).

Pihak Serie A dilaporkan memuncul ide untuk mengadakan play-off dalam penentuan juara Serie A. Gagasan ini muncul agar perebutan gelar juara menjadi lebih menarik.

Nantinya jika dua tim teratas memiliki poin, maka akan digelar satu laga tembahan antara dua tim tersebut untuk memperebut Scudetto. Sebelumnya, gelar Serie A yang ditentukan melalui play-off hanya sekali terjadi.

Itu terjadi pada tahun 1964. Kala itu, Bologna juara usai menang 2-0 atas Inter Milan di laga play-off.