Besok Stasiun Matraman Mulai Dioperasikan

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Hari ini Stasiun Matraman di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur belum beroperasi. Sejumlah area di Stasiun Matraman masih dalam penyelesaian pengerjaan.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (16/6/2022), akses masuk untuk penumpang masih ditutup. Terlihat petugas keamanan menjaga pintu tersebut sambil memantau kondisi.

Di bagian samping kanan pintu gerbang masih terlihat pekerja proyek yang menambal bagian jalanan. Ada juga petugas yang membersihkan kantor utama Stasiun Matraman. Belum ada calon penumpang yang mengunjungi stasiun. Sejumlah area yang masih dalam pengerjaan antara lain pemasangan pagar pembatas hingga area untuk disabilitas.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan uji coba operasional akan di mulai Jumat 17 Juni 2022 besok.

“KAI Commuter bersama DJKA dan PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan ujicoba operasional pelayanan naik dan turun pengguna KRL di Stasiun Shelter Matraman mulai Jumat 17 Juni 2022,” kata Anne Purba dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (16/6/2022).

Nantinya, Stasiun Shelter Matraman diprediksi akan melayani rata-rata pengguna sebanyak 2.203 orang per hari. Dengan prediksi jumlah pengguna yang naik 1.100 orang, sedangkan pengguna yang turun sebanyak 1.103 orang.

“Diharapkan dapat melayani pengguna KRL yang berada di sekitar wilayah jalan Matraman dan wilayah Kampung Melayu,” papar Anne.

“Letak Stasiun Shelter ini sangat strategis sisi timur Stasiun Shelter langsung terhubung dengan jalan Raya Matraman, Jakarta Timur dan terintegrasi dengan halte bus Trans Jakarta Koridor 5 sehingga akan memudahkan pengguna KRL untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan moda transportasi lain,” ungkapnya.

Stasiun Matraman disebut hanya melayani operasional naik dan turun pengguna KRL. Bukan sebagai stasiun pengaturan perjalanan Kereta Api seperti Stasiun Jatinegara atau pun Stasiun Manggarai.

Sebelumnya, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jakarta-Banten DJKA Kemenhub Rode Paulus menerangkan bahwa berbagai persiapan teknis sudah dilakukan. Kelengkapan fasilitas pelayanan dan keamanan juga sudah siap dipergunakan untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan pengguna KRL di Stasiun Matraman tersebut.

“Mulai Kamis ini, kami akan mengoperasikan Stasiun Matraman, selama satu minggu ke depan kami lakukan uji coba operasional naik-turun penumpang dari dan ke Stasiun Matraman,” ungkap Rode dalam keterangannya, Rabu (15/6/2022).

Stasiun Matraman juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat digunakan para pengguna KRL. Melansir dari Instagram Dirjen Perkeretaapian (@ditjenperkeretaapian), fasilitas di Stasiun Matraman adalah sebagai berikut:

Loket stasiun
Ruang pelayanan barang tertinggal
Ruang laktasi
Pos kesehatan
Toilet
Mushola
Fasilitas untuk pengguna disabilitas
Lift dan eskalator
Area parkir

Selain itu, untuk menunjang keamanan dan keselamatan para pengguna, Stasiun Matraman juga dilengkapi dengan kamera CCTV, alat pemadam kebakaran (APAR), sistem alarm kebakaran, serta penangkal petir.