Beri Pendampingan, IPB Mendorong 5 Jurnal Segera Terindeks Scopus

Pendidikan057 views

Inionline.id – Direktorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University terus mendorong peningkatan kualitas jurnal agar lebih banyak lagi jurnal IPB terindeks Scopus. Salah satu bentuk upaya ialah menyelenggarakan pendampingan internasionalisasi jurnal.

Tahun ini, lima jurnal didampingi untuk proses persiapan menuju indeksasi Scopus. Kelima jurnal tersebut, ialah Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia, Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, Jurnal Teknologi Industri Pertanian, dan Jurnal Manajemen Agribisnis.

Asisten Direktur Bidang Publikasi Ilmiah DPIS IPB University Fitriya Nur Annisa Dewi berharap pendampingan membuat jurnal yang dinilai cukup siap menuju internasionalisasi dapat mengoptimalkan pengelolaan dan program-program yang dimiliki. Hal itu agar lebih siap mengajukan indeksasi Scopus.

“Pendamping akan mengkaji poin-poin yang masih perlu dioptimalkan untuk memastikan setiap jurnal siap menuju indeksasi Scopus,” kata Fitriya dalam keterangan tertulis, Selasa, 14 Juni 2022.

Dia menuturkan proses bedah jurnal secara daring dipandu oleh narasumber pendamping dan dihadiri Chief Editor, perwakilan anggota tim Editor serta tim teknis pengelola masing-masing jurnal. Pada 24 Mei 2022 telah dilaksanakan pendampingan Jurnal Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management) oleh Chief Editor Jurnal Manajemen Hutan Tropika Efi Yuliati Yovi dan Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia anggota Komite Publikasi IPB University Berry Juliandi.

Sementara itu, pada 25 Mei 2022 dilaksanakan pendampingan terhadap Jurnal Teknologi dan Industri Pangan oleh Chief Editor Tropical Animal Science Journal I Komang Gede Wiryawan. Lalu pada 26 Mei 2022 pendampingan terhadap Jurnal Teknologi Industri Pertanian dan Jurnal Manajemen Agribisnis oleh Chief Editor Hayati Journal of Biosciences Iman Rusmana.

“Selain memfasilitasi bedah jurnal dan pendampingan intensif oleh narasumber pendamping, juga disediakan beberapa bantuan lain untuk menunjang persiapan menuju kesiapan proses indeksasi, di antaranya adalah bantuan dana, optimalisasi tampilan situs, serta layanan lainnya yang difasilitasi oleh Rumah Publikasi IPB,” papar dia.

Saat ini, sebanyak 51 jurnal ilmiah IPB University telah terakreditasi Nasional/SINTA. Sementara itu, tiga jurnal internasional IPB University telah terindeks Scopus.