Luhut Mengklaim Covid Omicron Sepanjang Libur Lebaran Sangat Terkendali

Berita157 views

Inionline.id – Selama Idulfitri 1443 H Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim kasus virus corona (Covid-19) varian Omicron masih terkendali.

Luhut membeberkan, apabila melihat laporan penambahan kasus Covid-19 secara nasional. Selama 25 hari berturut-turut, kasus Covid-19 harian di Indonesia berada di bawah 1.000 kasus.

“Kami meyakini bahwa kondisi varian Omicron di Indonesia di tengah momen libur Idulfitri yang lalu, hingga saat ini masih sangat terkendali,” kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (9/5).

Luhut melanjutkan, tren perbaikan kasus Covid-19 di Indonesia terlihat pada rawat inap yang secara nasional turun hingga 97 persen. Tingkat hunian tempat tidur rumah sakit juga dilaporkan rendah hanya dua persen dari keseluruhan tempat tidur yang tersedia.

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali ini juga menyatakan, seluruh kabupaten/kota di Jawa-Bali hingga hari ini mengalami penurunan kasus mencapai 99 persen dibandingkan puncak kasus Omicron beberapa waktu yang lalu.

“Selain itu kasus kematian juga turun hingga 98 persen yang disebabkan oleh varian Omicron dan positivity rate berada di bawah 0,7 persen,” imbuhnya.

Kendati tren perbaikan kasus Covid-19 terus terjadi, Luhut memastikan pemerintah akan terus memberlakukan PPKM di Indonesia hingga waktu yang belum ditentukan. Aturan PPKM menurutnya akan terus dipermudah dan dilonggarkan, namun akan tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.