Setelah Percepatan Pengelola Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung, Dewan Jabar M Ichsan Minta Ridwan Kamil Juga Bentuk Aglomerasi Bodebek Guna Atasi Banjir

Antar Daerah157 views

BANDUNG, Inionline.id – Setelah disepakatinya rencana kerja dan program percepatan Badan Pengelola Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung yang digagas oleh Gubernur Ridwan Kamil, Kamis (31/3/2022). Legislator DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin atau yang akrab disapa M Ichsan meminta Gubernur juga segera membentuk aglomerasi di kawasan Bogor, Depok, Bekasi (Bodebek).

Permintaan itu bukan tanpa dasar mengingat tiga kawasan tersebut juga menjadi langganan banjir tahunan.

“Ini sedang musim penghujan, saya kira perlu untuk segara dilanjutkan setelah Bandung Raya kemudian Bodebek, karena ini suatu gagasan yang memang kita dahulu menyuarakan lewat para aktivis lingkungan tetapi memang kalau tidak ada dorongan dalam hal ini Gubernur yang mengatur para Bupati dan Wali Kota saya rasa agak berat,” kata M Ichsan, Senin (04/04/2022).

Menurutnya, gagasan aglomerasi kawasan ini bagus dan khusus wilayah Bodebek nantinya masalah-masalahnya akan saling berkaitan.

“Perlu dan saya kira memang bagus karena aliran sungai itu saling berkaitan antara kota-kota yang bersentuhan Kabupaten Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok itu satu alirannya jadi kalau bisa di kota-kota tersebut atau Kabupaten itu bisa mengantisipasi apa yang bisa berkontribusi terhadap penumpukan sampah mereka bisa antisipasi lebih awal, upaya seperti ini penting,” tukas M Ichsan.

Dirinya pun berharap aglomerasi Bodebek bisa diwujudkan oleh Gubernur pada tahun ini mengingat kawasan Bodebek sebagai penyangga ibukota punya peran penting dalam menunjang perekonomian.