Pimpin Komisi V DPRD Jabar, H. Cecep Gogom Pelajari Sekolah Wilayah Bebas Korupsi di SMKN 57 Jakarta

Pendidikan157 views

Jakarta, Inionline.id – Rombongan Komisi V DPRD Jawa Barat dipimpin oleh H. Cecep Gogom (HCG) dari fraksi Gerindra melakukan kunjungan kerja ke SMKN 57, Jakarta Selatan, Rabu (20/04/2022).

Dalam kunjungan tersebut HCG mengatakan bahwa SMKN 57 Jakarta sebagai percontohan BLUD terbaik dalam mengelola keuangan menjadikan sekolah tersebut mendapatkan penghargaan dari BPK sebagai sekolah WBK (Wilayah Bebas Korupsi).

Penghargaan tersebut membuat HCG bersama Komisi V DPRD Jabar menginginkan agar prestasi SMKN 57 Jakarta menjadi tolak ukur untuk SMKN BLUD di Jawa Barat.

HCG pun mengungkapkan bahwa setelah keluarnya Permendagri nomor 79 tahun 2018 tentang BLUD SMK, maka 34 Gubernur sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saling berpacu untuk menciptakan dan mempersiapkan generasi bangsa masa depan yang kompeten, unggul dan berdaya saing serta produktif dalam ikut serta mengikuti urusan wajib yaitu pelayanan Pendidikan.

“Urusan kongkuret pusat dan daerah dalam kebijakan sekolah Menengah ini menjadi daya tarik pemerintah sehingga BLUD pun menjadi terobosan dengan teaching factory system Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) untuk meningkatkan kompetensi siswa dan revitalisasi dalam menyiapkan SDM pada dunia usaha dan dunia industri (DUDI),” tutur HCG kepada awak media.

Lebih lanjut menurutnya BLUD sebagai fasilitas siswa untuk meningkatkan kebutuhan bukan kepentingan hendaknya pengelolaan secara fleksibelitas yang transparan dan profesional serta sesuai dengan aturan-aturan layanan daerah, membuat BLUD menjadi solusi di dunia pendidikan setelah diterapkan di dunia kesehatan.

“Kemendikbudriset secara nasional telah mengukuhkan 112 SMK BLUD, diantaranya Jabar yang mendominasi dengan 35 SMKN pada 24 maret 2022, Gubernur Jabar memberikan SK di Karawang. Dan provinsi DKI yang telah dulu berdiri dengan 12 SMKN BLUD diantaranya SMKN 57 Jaksel Sudin Pendidikan wilayah 2 kota administrasi Jakarta Selatan,” pungkas HCG.