Gubernur Jawa Barat Posting Kinerja Perbaikan Ruas Jalan Provinsi se-Jawa Barat di Instagram, Begini Kata Dewan Jabar M Ichsan

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang sering menerima aspirasi jalan rusak milik Provinsi Jawa Barat telah menunjukan rencana perbaikannya di tahun 2022 ini yang akan terealisasi, di akun Instagram resmi miliknya yaitu @ridwankamil pada Sabtu (09/04/2022).

Dalam captionnya Ridwan Kamil mengatakan bahwa aspirasi warga yang terbaca di kolom komen.

“Semua dibaca dan diperhatikan, dan satu-satu diproses. 2 tahun ini karena pandemi anggaran infrastruktur memang bergeser untuk penanganan covid maupun bansos sesuai urgensi,” tulisnya.

Lanjut, “Dari pamanukan, jatiluhur, cibarusah sampai sindang barang. Semua adalah curhatan warga yang tentunya dibaca dan direspons sesuai prosedur penganggaran yang memang membutuhkan waktu, Dalam waktu dekat semua mulai dikerjakan,” ungkapnya.

Namun tanggapan dari anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin sangat berbeda dengan apa yang diposting oleh Ridwan Kamil.

Menurut legislator asal Kabupaten Bogor ini, data tersebut merupakan pekerjaan yang sudah dikerjakan pada tahun 2021 yang sifatnya hanya maintaince jalan saja dan bukan perbaikan jalan secara menyeluruh atau paket lengkap.

“Itu data-data yang di show up oleh Bina Marga, jadi Pak Gubernur itu berbicara berdasarkan data-data tersebut, tadi kita sudah mengkonfirmasi kepada Kadis Bina Marga kemudian khusus Cileungsi-Cibeet itu UPTD yang mengcoverage wilayah tersebut jadi memang istilahnya itu pembangunan ruas jalan sepanjang tahun 2021,” ungkap M Ichsan.

Hal ini berkaitan dengan LPJ dimana dirinya ingin mengkonfirmasi apakah data yang di file itu benar apakah tidak.

“Memang betul adanya, hanya saja memang kualitas ketahanan jalan itu yang kita minta paket yang lebih lengkap karena budgeting yang dianggarkan itu sementara ini hanya sifatnya maintenance dan itu sudah diakui, jadi paket lengkap itu beranggaran besar dan hanya beberapa titik yang bisa dilakukan,” tutur M Ichsan.

M Ichsan mengungkapkan bahwa postingan Ridwan Kamil itu hanya bersifat maintaince jalan karena jika perbaikan besar semisal terdapat pembuatan drainase jalan atau pelebaran luas jalan maka anggarannya lebih besar dari apa yang di posting di foto Instagramnya.

“Terkait dengan 2022 kita juta sudah punya beberapa titik yang diminta memang tidak sepanjang itu ruas jalan yang memakai pagu anggaran paket lengkap, di paket lengkap itu ada ketebalan jalannya berapa, kemudian sistem drainasenya ada di kiri kanan sehingga itu yang lebih bertahan kualitas jalannya,” pungkas M Ichsan, Senin (11/04/2022).