Dishub Siapkan Vaksinasi Booster di Seluruh Terminal Jakarta Saat Mudik 2022

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Pemprov DKI Jakarta bakal menyiapkan gerai vaksinasi dosis ketiga atau penguat (booster) di seluruh terminal. Hal ini disiapkan dalam rangka kegiatan mudik Lebaran tahun 2022.

“Kami siapkan di semua terminal,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa (12/4/2022).

Syafrin menuturkan gerai vaksinasi booster di terminal bakal beroperasi di masa arus mudik dan balik Lebaran, tepatnya pada 25 April-10 Mei mendatang.

“Tentu pada masa angkutan Lebaran, masa angkutan Lebaran itu dia ada di 25 April sampai dengan 10 Mei,” ujarnya.

Dia juga memastikan nantinya petugas di terminal bakal melakukan pengecekan persyaratan mudik. Bagi calon pemudik yang baru vaksinasi kedua bakal diarahkan melakukan tes antigen.

“Jadi bagi yang akan ikut vaksin booster, kita akan arahkan ke titik melakukan vaksin sebelum berangkat, atau yang bersangkutan memilih untuk ikut mengikuti tes antigen,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bakal menyiapkan tiga terminal tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di masa mudik lebaran 2022. Tiga terminal tambahan adalah Terminal Lebak Bulus, Terminal Grogol, dan Terminal Muara Angke.

“Kami juga sudah siapkan 3 terminal bantuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Syafrin mengatakan DKI sendiri mengoperasionalkan empat terminal bus AKAP, yaitu Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, dan Terminal Tanjung Priok. Melalui penambahan 3 terminal bantuan ini, dia berharap dapat mengatasi terjadinya kepadatan arus mudik Lebaran tahun ini.