Dewan Jabar M Ichsan Minta Kolaborasi Seluruh Pihak Terus Jaga Kebersihan Sungai Citarum

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Berbagai upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menjaga kelestarian sungai Citarum terus dilakukan, terakhir Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara Peresmian dan Serah Terima Fasilitas Reinvented Toilet atau Toilet Daur Ulang kepada warga RW 001 Pasirluyu, Kota Bandung, Selasa (29/3/2022).

Penyerahan dilakukan oleh Presiden Direktur PT SCG (Siam Cement Group) Indonesia Chakkapong Yingwattanathaworn kepada Ketua RW 001 Pasirluyu Ema Mariana.

“Ini peresmian satu gagasan teknologi yang saya tunggu-tunggu karena kehadiran Reinvented Toilet ini bisa menjadi solusi dalam mengurangi pencemaran Sungai Citarum, yang sebagian besar bersumber dari limbah permukiman,” kata Ridwan Kamil.

Menanggapi hal ini anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemprov Jabar dengan satu catatan yaitu penguatan kolaborasi Satgas Citarum Harum.

“Yang masuk kedalam sungai Citarum itu berbagai macam limbah, masalahnya yang terhimpun kemarin itu yang menjadi pokok pembicaraan, ada sampah-sampah yang tidak bisa didaur ulang sehingga bisa mempengaruhi terhadap biota lingkungan yang ada didalam sungai tersebut,” ujar M Ichsan.

Dirinya menambahkan, jika banyak plastik, banyak kemasan-kemasan yang kemudian susah didaur ulang maka limbah tersebut akan mempengaruhi kehidupan sungai dimana disitu ada ikan dan binatang-binatang hayati dan lainnya.

Walaupun diakuinya Pemprov Jabar belum berkoordinasi dengan Komisi IV DPRD Jabar terkait seperti apa tekhnologi yang dimaksud, namun Ichsan berharap terkait pengawasan terhadap pencemaran limbah di Citarum tidak kendor.

“Memang disitu pegiatnya banyak disamping ada yang namanya klaster-klaster disepanjang itu ada RW yang mengelola terhadap lingkungan, termasuk ditugasi untuk mengawasi sungai yang berada disekitarnya karena disitu Sungai Citarum sektor yang pernah saya kunjungi itu bagus, tinggal kolaborasi semua elemen yang mengawasinya terus ditingkatkan,” pungkas M Ichsan.