Studi Banding Atasi Global Warming, Dewan Jabar Asep Arwin Kotsara Sowan ke Pendiri SMP PGRI Depok II Tengah

Antar Daerah057 views

Depok, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kota Depok-Bekasi Asep Arwin Kotsara menunjukan komitmennya dalam memerangi issue globar warming dan pelestarian lingkungan, hal tersebut dibuktikannya dengan melakukan studi banding dan bertemu langsung dengan tokoh pendidikan di kota Depok, Sukabdi yang telah berusia 70 tahunan sebagai ketua Yayasan dan pendiri SMP PGRI Depok II Tengah pada tahun 1980 an dengan luas sekitar 2500 m2.

“Sekolah ini berwawasan lingkungan, sebanyak 20 sumur resapan di bawah sekolah yang bisa menampung seluruh air hujan di area sekolah ini, tidak ada yang mengalir ke sungai, tidak memberikan kontribusi banjir di wilayah ini, keren sekali,” ujar Asep Arwin Kotsara, Jum’at (11/03/2022).

Menurutnya, untuk menyikapi global warning sekolah ini mengembangkan area hijau, baik dilahan bawah/pekarangan, maupun lantai 3 yang sudah dicor ratusan meter dengan berisi berbagai macam tanaman mulai dari pohon mangga, pohon anggur, dan lain sebagainya.

Kemudian terdapat 4 Bioflok besar berisi lele. Di lantai 3 Asep Arwin pun menilai suasana sekolah begitu hijau, beberapa titik ada green house yang sudah tersedia dan ada yang sedang dibangun.

Sekolah ini pun tercatat pernah memberikan 1000 bibit pohon kurma kepada pemkot Depok. Masih ada ribuan bibit pohon sirsak, ratusan pohon kurma yang dipersilahkan kepada Asep Arwin untuk memanfaatkannya.

“Jadi ingat hadits Rasulullah : “Sekiranya hari kiamat hendak terjadi, sedangkan di tangan salah seorang di antara kalian ada bibit kurma maka apabila dia mampu menanamnya sebelum terjadinya kiamat maka hendaklah dia menanamnya. Masya Allah seorang bapak berusia 70 tahunan masih berbagi kepada masyarakat, patut kita jadikan contoh,” tutup Asep Arwin Kotsara.