Isran Noor Menemani Presiden Jokowi Kemah di IKN

Berita057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menginap di titik nol kilometer IKN Nusantara pada malam ini. Dari deretan gubernur yang ikut prosesi penyatuan tanah dan air, hanya Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor yang ikut berkemah.

“Hanya Gubernur Kaltim saja yang menginap bersama Kepala dan Wakil Kepala IKN,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin (14/3/2022).

Selain itu, Jokowi juga bakal ditemani Ibu Negara Iriana Jokowi. Ada juga sejumlah menteri yang mendampingi mulai dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Seskab Pramono Anung.

Heru lantas menjelaskan alasan tidak semua gubernur ikut berkemah. Faktor keterbatasan tempat menjadi pertimbangan utama.

“Terbatas lahan dan sarana kaya air dan lain-lain,” ujar Heru.

Jokowi sebelumnya mengunggah penampakan tenda tempat menginap di IKN Nusantara malam nanti. Tenda itu tepatnya berada di kawasan titik nol kilometer IKN.

Foto itu diunggah Jokowi di akun Instagram seperti dilihat detikcom, Senin (14/3/2022). Jokowi tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam sambil duduk di kursi.

Di belakang Jokowi, tampak ada tenda yang sudah disiapkan. Selain itu, ada pohon-pohon tinggi yang terlihat di belakang tenda Jokowi.

Pagi tadi, Jokowi memimpin acara penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara. Tanah dan air itu dibawa para gubernur untuk selanjutnya disatukan dalam bejana Nusantara.

Tak semua gubernur hadir dalam prosesi penyatuan tanah dan air itu. Setidaknya adan enam gubernur absen karena alasan kesehatan.

Setelah itu, Jokowi dan para gubernur menanam pohon di IKN Nusantara. Pohon yang ditanam juga merupakan khas dari daerah masing-masing.