Ini 9 Film Action Hollywood Tentang Perburuan Harta Karun

Inionline.id – Petualangan seru dalam berburu harta karun selalu menjadi formula yang manjur bagi film action. Karena itulah, tema yang satu ini kerap muncul dalam film produksi Hollywood.

Baru-baru ini, penikmat film disuguhi Uncharted yang secara mengejutkan meraih status box office dalam waktu singkat. Selain didukung nama besar Tom Holland dan game-nya yang sudah punya penggemar, rupanya film ini dianggap sangat menghibur oleh penonton.

Selain Uncharted, apa saja film action bertema perburuan harta karun yang layak ditonton? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Tomb Raider (2018)

Film action tentang perburuan harta karun pertama adalah Tomb Raider (2018). Film ini diangkat dari game populer berjudul sama. Alicia Vikander ‘menerima tongkat estafet’ dari Angelina Jolie untuk memerankan Lara Croft, sang jagoan.

Film ini bisa disebut sebagai prekuel dari Tomb Raider-nya Jolie. Di sini, Lara Croft baru memulai petualangannya sebagai arkeolog. Ia mencoba menemukan sang ayah yang menghilang dalam pencarian makam Himiko. Himiko adalah ratu dalam mitologi yang disebut menguasai kehidupan dan kematian.

Lara pergi ke Hong Kong dan menjelajahi Devil’s Sea yang mematikan untuk menemukan ayahnya dan Himiko. Ketika kapalnya terdampar di pulau tak bernama, Lara pun menemukan rahasia yang lebih besar daripada ekspedisi arkeologinya.

2. National Treasure (2004)

Ini adalah film pertama dari franchise National Treasure yang dibintangi oleh Nicholas Cage. Kerap disebut sebagai perpaduan Indiana Jones dan The Da Vinci Code, film ini menuai status sebagai cult classic.

National Treasure menceritakan Benjamin Franklin Gates (Nicholas Cage) yang merupakan keturunan terakhir dari sebuah keluarga pemburu harta karun. Ben ingin memulihkan nama baik keluarganya dengan menemukan harta karun yang menurut legenda disembunyikan oleh para pendiri Amerika Serikat.

Ben yakin salah satu petunjuknya tersembunyi di naskah otentik Deklarasi Kemerdekaan. Ia berusaha menemukan harta itu dengan bantuan Riley Poole, seorang ahli komputer muda dan ahli sejarah cantik bernama Dr. Abigail Chase. Mereka harus kucing-kucingan dengan FBI dan pemburu harta lain untuk aksinya.

3. Raiders Of The Lost Ark (1981)

Bicara soal film tentang perburuan harta karun tentu belum lengkap kalau tidak menyebutkan Indiana Jones. Arkeolog dengan topi fedora ikonis ini menyapa pencinta film untuk pertama kalinya lewat Raiders Of The Lost Ark. Filmnya sendiri memenangkan lima piala Oscar.

Raiders Of The Lost Ark menceritakan petualangan Indy untuk menemukan Ark of the Covenant. Indy dan Marion harus menemukan benda mitologis itu lebih dulu daripada Nazi. Jika tidak, kekuatannya akan digunakan untuk kejahatan.

Film yang membesarkan nama Harrison Ford ini merupakan salah satu karya terbaik Steven Spielberg yang masih seru ditonton saat ini. Film kelimanya bakal segera diproduksi, lho.

4. The Adventures Of Tintin (2011)

Kali ini bukan live action, melainkan film animasi yang diangkat dari komik dan serial kartun populer The Adventures Of Tintin. Film ini juga disutradarai oleh Spielberg.

Melalui The Adventures Of Tintin, penonton diajak mengikuti petualangan sang jurnalis muda dalam menyelidiki rentetan kejadian naas yang menimpanya gara-gara miniatur kapal Unicorn. Rupanya, miniatur itu menyimpan salah perkamen berisi peta lokasi bangkai kapal Unicorn yang asli dan harta karun di dalamnya.

The Adventures Of Tintin adalah film animasi dengan teknologi motion-captured pertama di luar Pixar yang memenangkan Golden Globe Award for Best Animated Feature Film. Sampai saat ini, para penggemar masih menantikan sekuelnya.

5. The Mummy (1999)

Film pertama dari franchise The Mummy juga wajib masuk daftar tontonan. Film ini merupakan remake dari film orisinalnya yang diproduksi pada 1932.

The Mummy mengambil latar tahun 1920-an dan menceritakan Rick O’Connell (Brendan Fraser), seorang tentara bayaran yang diminta oleh pustakawati cantik bernama Evelyn Carnahan (Rachel Weisz) untuk memandunya ke akropolis Hamunaptra.

Evelyn berlomba dengan tim ekspedisi lain untuk menemukan Book of Amun-Ra. Namun, tanpa sengaja mereka justru menemukan Book of the Dead dan membangkitkan mumi Imhotep. Ia adalah pendeta Mesir kuno yang dimumikan karena mengkhianati Pharaoh. Kebangkitannya bakal membawa sepuluh wabah ke seluruh Mesir.

6. The Da Vinci Code

Ini adalah film pertama yang mengangkat petualangan ahli simbologi, Robert Langdon ke layar lebar. Film ini bertabur bintang besar Hollywood yang dikenal sebagai jaminan box office. Mulai dari Tom Hanks, Audrey Tautou, Sir Ian McKellen, hingga Alfred Molina.

Pada awal film, Langdon berusaha memecahkan teka-teki di balik pesan kematian kenalannya, kurator museum Louvre yang bernama Jacques Saunière. Penyelidikan Langdon menyeretnya ke rahasia ribuan tahun yang melibatkan Vatikan, Opus Dei, Leonardo Da Vinci, dan Biarawan Sion.

Kali ini, Langdon harus menemukan Holy Grail yang legendaris sambil menghindari kejaran polisi Prancis. Namun bukan sebentuk cawan yang dicarinya, tapi makam wanita di dalam Injil yang diyakini menyimpan garis keturunan Yesus Kristus di rahimnya.

7. Pirates Of The Caribbean: The Curse Of The Black Pearl (2003)

Petualangan pertama Johnny Depp sebagai Jack Sparrow di Pirates Of The Caribbean: The Curse Of The Black Pearl juga pantang dilewatkan. Ia memerankan seorang perompak eksentrik nan cerdik yang berusaha merebut kapalnya kembali.

Jack berhadapan dengan Kapten Barbossa dan kru kapal Black Pearl yang dikutuk untuk berlayar hingga akhir dunia.

Selain Johnny Depp, film ini juga dibintangi oleh Orlando Bloom dan Keira Knightley yang baru mulai naik daun kala itu. Filmnya sendiri penuh unsur fantasi yang penuh humor dan special effect apik.

8. Three Kings (1999)

Film Three Kings mengangkat tema perburuan harta dengan sentuhan yang berbeda. Kali ini tokoh utamanya bukan seorang arkeolog atau pemburu harta, tapi tiga tentara yang bertugas di Irak.

George Clooney, Mark Wahlberg, dan Ice Cube ditugaskan di tengah Perang Teluk. Diam-diam, mereka merencanakan pencurian terhadap emas di bunker Saddam Hussein.

Film besutan David O. Russell ini menawakan nuansa yang lebih modern dari kisah Indiana Jones pada masanya. Aksi, humor, sampai drama ada di film ini.

9. Uncharted (2022)

Film action tentang perburuan harta karun teranyar saat ini adalah Uncharted. Film ini diangkat dari video game populer PlayStation.

Sony Pictures memanfaatkan momentum kepopuleran Tom Holland dan mendapuknya sebagai Nathan Drake, seorang pemburu harta merangkap bartender dan pencopet. Nate dimintai bantuan oleh Victor Sullivan (Mark Wahlberg), seorang pemburu harta senior yang dulu bekerja sama dengan kakaknya.

Nate dan Sully berusaha menemukan harta karun peninggalan Magellan. Mereka berhadapan dengan Santiago Moncada (Antonio Banderas), keturunan terakhir keluarga Moncada yang dulu membiayai ekspedisi Magellan.

Itulah sederet film action seru tentang perburuan harta karun yang pantas disaksikan. Sudah nonton yang mana saja?