Ini 3 Interval Waktu Ideal Memotong Rambut Bagi Pria

Inionline.id – Rambut adalah mahkota alami yang dimiliki tiap manusia dan sudah selayaknya untuk dirawat semaksimal mungkin. Tak hanya bagi wanita, pria dengan rambut pendek pun semestinya juga memerlukan perawatan.

Salah satu perawatan sederhana namun penting dilakukan adalah potong rambut. Tak hanya untuk agar tetap rapi, memotong rambut juga memiliki manfaat lain yang disadari. Oleh sebab itu, penting untuk memotong rambut secara berkala di waktu yang tepat. Kapankah waktu yang tepat tersebut?

Ketika dalam Kondisi Normal

Pada umumnya, rambut manusia akan tumbuh rata-rata 0,3-0,4 mm per hari atau 15 cm per tahunnya. Meski begitu, sebagian orang bisa lebih cepat atau lambat dalam pertumbuhan rambutnya atas berbagai faktor.

Untuk pria dengan kondisi rambut pendek yang normal, interval ideal dalam memotong rambut adalah 4-6 minggu sekali. Rentang waktu ini ideal karena berkaitan dengan ujung rambut yang bisa bermasalah ketika dibiarkan terlalu lama.

Ketika Rambut Mulai Rapuh

Semakin lama umur ujung rambut manusia, maka akan semakin rapuh pula kondisinya. Hal ini bisa ditandai dengan ujung rambut yang kasar, bercabang, hingga mulai mengalami kerontokan.

Jika kondisi ini terjadi ketika rambut masih pendek dan belum memasuki interval 4-6 minggu, penting untuk melakukan perawatan. Memotong rambut menjadi salah satu solusi untuk memangkas rangkaian rambut yang rusak sehingga akan tumbuh rambut baru yang lebih sehat.

Ketika Ingin Memanjangkan Rambut

Bosan dengan gaya yang monoton, sebagian pria memutuskan untuk memanjangkan rambutnya. Meski begitu, memanjangkan rambut bukan semata-mata membiarkannya tanpa dipangkas lho.

Idealnya rambut akan tumbuh memanjang mendekati bahu dengan rentang waktu 4-6 bulan lamanya. Setelah rambut dirasa mulai panjang, potonglah bagian ujungnya agar tidak terlihat rusak, dan lakukan hal ini setiap 6-12 minggu sekali.

Menjaga kesehatan rambut juga perlu dilakukan secara intensif. Aplikasikan conditioner dengan ekstrak lidah buaya setelah keramas agar kulit kepala dan rambut menjadi lebih sehat dan tak mengalami gangguan.