PKS Realistis Hadapi Pilpres 2024, Mengusung Kader Jadi Cawapres

Politik057 views

Inionline.id – Ketua DPP PKS Al Muzzammil Yusuf menuturkan, paling realistis kader PKS menjadi calon wakil presiden di Pilpres 2024. PKS tidak mengincar kursi calon presiden.

“Saat ini kita paling tidak cawapres,” ujar Muzzammil dalam diskusi Rakernas PKS secara daring, Selasa (1/2).

Muzzammil menuturkan, dalam posisi saat ini semua peluang masih terbuka. Apakah itu PKS mengusung calon presiden atau calon wakil presiden.

“Dalam posisi saat ini, kita posisi kita baik sebagai capres maupun cawapres, walaupun kita sebagai king maker dalam dunia politik ini semuanya mungkin, semuanya mungkin,” katanya.

Menurut Muzzammil hal paling realistis adalah PKS hanya mengusung kadernya sebagai calon wakil presiden. Bukan hal realistis bila mengusung capres dari kader sendiri.

“Kalau orang bicara angka realistis, ada yang lebih realistis dari presiden, ada yang lebih realistis dari cawapres ada yang mungkin realistis sebagai pengusung,” ujarnya.

Alasan Tak Pernah Usung Kader Jadi Capres

Sebelumnya Muzzammil mengungkap alasan selama ini PKS tidak pernah mengusung kader sendiri sebagai calon presiden karena harus berkoalisi dengan partai lain.

“Kita calonkan, ternyata partai lain enggak mau, gimana tuh? Namanya kolaborasi itu kan sama-sama harus sepakat, enggak bisa kita paksakan,” kata Muzzammil dalam diskusi Rakernas PKS, Jakarta, Selasa (1/2).

Jika PKS memaksa kadernya, maka bisa ditinggal koalisi. Makanya harus dibangun dialog.

“Kalau kita paksain ya enggak bisa ikut kita. Makanya di situ ada dialog,” kata Muzzammil.