Dewan Jabar Asep Arwin Kotsara Ingatkan Kokab Wilayah 3 Jawa Barat Resikonya Menjadi Kawasan Industri

Antar Daerah157 views

Cirebon, Inionline.id – Panitia khusus (Pansus) VI DPRD Jawa Barat melakukan rapat kerja bersama wilayah III Jawa Barat yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan,” Kamis (17/02/2022).

Pimpinan beserta rombongan Pansus VI sendiri langsung diterima oleh Bupati Cirebon Drs H Imron MAg, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon Muhammad Lutfi di ruang Paseban Kantor Bupati Cirebon.

Anggota Pansus VI DPRD Jawa Barat Asep Arwin Kotsara mengingatkan kepada kota-kabupaten (kokab) wilayah 3 Jawa Barat dimana dalam rapat kerja tersebut mereka menyampaikan nahwa masing-masing daerahnya di wilayah 3 Jabar sangat ingin meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mereka dengan menjadikan daerahnya kawasan industri.

“Padahal tidak begitu, Dengan menjadikan semua kota-kabupaten sebagai kawasan Industri, pasti kita akan kekurangan kebutuhan pokok dan sangat bergantung kepada Import, kedepan Indonesia akan krisis pangan, maka mulailah Pemkot, Pemkab berpikir bagaimana dengan kearifan lokal dapat meningkatkan PAD nya,” kata Asep Arwin Kotsara.

Selain itu Asep Arwin juga menjelaskan tujuan dari kunjungan Pansus VI adalah untuk mendengar RTRD di setiap kokab Wilayah 3 beserta usulan atau harapan mereka untuk RTRW Provinsi Jawa Barat.

Kemudian Asep Arwin mencatat 4 aspirasi Kabupaten Cirebon dimana mereka mengusulkan agar RTRW Provinsi Jabar juga memuat :
1. Akses ke Bandara BIJB Kertajati disiapkan baik Tol maupun Kereta Api.
2. Perlunya waduk di Kabupaten Cirebon, Disampaikan oleh ketua DPRD, bahwa di wilayah Cirebon Timur ada 5800 Hektar luasan sawah, namun setahun hanya 1x masa panen, disebabkan karena irigasi. Maka waduk menjadi hal yang urgent.
3. Di Kab cirebon terdapat 10rb hektar KPI (Kawasan Peruntukan Industri), namun tersebar di seluruh Kabupaten Cirebon, Sebaiknya disatukan dalam 1 wilayah Industri.
4. Kawasan Wisata di Kabupaten Cirebon banyak yang belum dikelola secara baik dan benar, padahal Cirebon punya peninggalan Budaya, dan tempat wisata alam yang bagus.