Wakil Ketua DPRD Jabar Paparkan Nilai Historis Tata Ruang Jawa Barat Saat Rapat Pansus VI di Kota Depok

Antar Daerah057 views

Depok, Inionline.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa barat H. Achmad Ru’yat bersama Pansus VI DPRD Jawa barat menggelar rapat Raperda RT RW di Kota Depok yang fokus kepada tata ruang di Jawa barat.

“Kami atas nama rombongan Pansus VI Reperda RT/RW menyampaikan terima kasih kepada Bapak Imam Budi Hartono Wakil Walikota Depok, dan kami disini sebagai kolega ketika DPRD Jawa Barat menengok beliau dan juga mengantar Ketua Pansus di Dapilnya dan kami datang, dream team dari fraksi Gerindra Persatuan dan fraksi PKS, fraksi PDI Perjuangan, fraksi Golkar, fraksi PKB, fraksi Demokrat, fraksi PAN dan fraksi Nasdem,” tutur Ru’yat.

Maksud dan tujuan kunjungan mantan Wakil Walikota Bogor bersama rombongannya saat ini terkait dalam pembahasan Raperda RT RW dimana Raperda ini pembahasannya sudah sangat panjang.

“Pak Imam juga dulu sempat di Pansus RT RW dan kenapa datang ke Depok, karena Depok ini sangat strategis sebagai suatu kawasan yang termasuk Jabodetabekjur dimana Perpres 60 tahun 2020 mengatur betul tentang bagaimana harmonisasi tata ruang baik yang merupakan kebijakan Kabupaten Kota,” kata Ru’yat.

Menurutnya secara historis provinsi maupun pusat bahkan sempat ada pertemuan 3 Gubernur, Pak Jokowi Gubernur DKI Jakarta, kemudian Gubernur Banten Pak Rano Karno dan juga Pak Achmad Heryawan di Bendungan Katulampa mengsinergiskan konsep pembangunan dari hulu sampai hilir.

“Bahkan sejarahnya dulu pak Sutioso sempat mengeluarkan gagasan Megapolitan, karena demikian beratnya beban wilayah Jabodetabekjur dibentuk semacam kelembagaan selama ini terus terang forumnya lebih kepada forum kerja sama antar 3 Provinsi ini dilembagakan, sempat ada gagasan setingkat kementerian, agar ada interferensi kebijakan program dan anggaran itu dari pusat karena banyak bermuara tata ruang yang strategis ini dari pusat,” tukas Ru’yat, Kamis (06/01/2022).

Dirinya pun berharap dengan penjelasan kemarin dari wilayah Bogor yaitu Kota Bogor, Cianjur, Sukabumi sudah presentasi dimana mereka menyampaikan ada beberapa konsep tata ruang yang berbatasan diantaranya Kabupaten Bogor dengan Depok terkait dengan akses jalan Citayam Kabupaten Bogor dengan Depok serta beberapa wilayah lain.