Soal Kabar Ashanty Tertular Omicron dari Turki Berikut Pernyataan Lengkap Kemenkes

Berita057 views

Inionline.id – Kemenkes memberi penjelasan terkait penyanyi Ashanty dikabarkan positif COVID-19 varian omicron usai balik pelesiran dari Turki.

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan Ashanty belum terkonfirmasi varian omicron. Namun dia membenarkan Ashanty positif Corona.

“Memang ada PPLN salah satunya inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel karantina,” ujar Nadia, kepada wartawan, Jumat (7/1/2022).

Nadia mengatakan ketentuan orang dari luar negeri akan diperiksa dua metode yakni S-gene target failure (SGTF) dan Work Health and Safety (WHS). Termasuk Ashanty yang sedang menjalani pemeriksaan.

“Saat ini sedang dalm proses pemeriksaan keduanya dan untuk melokalisir omicron pemerintah mengambil kebijakan semua kasus positif harus melakukan isolasi terpusat di rs atau wisma atlet,” jelasnya.

Berikut penjelasan lengkap Kemenkes:

Memang ada PPLN salah satunyaa inisial A saat entry tes didapatkan hasil PCR positif dan saat ini sedang menjalani karantina di hotel karantina. Sesuai prosedur yang ada semua kasus pos PPLN kita lakukan pemeriksaan SGTF dan WHS tuk memastikan variannya. Saat ini sedang dalam proses pemeriksaan keduanya dan untuk melokalisir omicron pemerintah mengambil kebijakan semua kasus positif harus melakukan isolasi terpusat di RS atau Wisma Atlet.