PPKM Jawa-Bali Kembali Perpanjang Selama 2 Pekan

Nasional157 views

Inionline.id – penerapan PPKM di Jawa-Bali kembalu diperpanjang Pemerintah. Masa perpanjangan PPKM Jawa-Bali kali ini selama dua pekan.

“Diperpanjang 2 pekan,” kata Dirjen Adwil Kemendagri Safrizal ZA lewat pesan singkat, Senin (3/1/2022).

Perpanjangan PPKM Jawa-Bali sebelumnya resmi berakhir hari ini 3 Januari 2022. Kini PPKM di Jawa-Bali akan berlaku selama 2 pekan, yaitu 4-17 Januari 2022.

Belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai status daerah PPKM di Jawa-Bali. Keputusan akan dituangkan dalam Instruksi Mendagri.

PPKM Luar Jawa-Bali

Keputusan yang sama diterapkan di PPKM luar Jawa dan Bali. PPKM diperpanjang selama 2 pekan ke depan.

“Khusus di luar Jawa-Bali akan ada perpanjangan periode pelaksanaan, walaupun situasinya terkendali, akan diperpanjang 14 hari, yaitu 4-17 Januari,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Senin (3/1).

Hal itu disampaikan Airlangga dalam konferensi pers yang disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden. Airlangga diketahui juga diberi tanggung jawab sebagai Koordinator PPKM Luar Jawa dan Bali.

Airlangga merinci saat ini jumlah kabupaten/kota yang menerapkan PPKM level 1 meningkat dari 191 menjadi 227 kabupaten/kota.

“Level 2 menurun dari 169 ke 148 kabupaten/kota. Level 3 turun dari 26 menjadi 11 kabupaten/kota,” ucapnya.

Dia mengatakan, di luar Jawa-Bali, tak ada (nihil) daerah yang menerapkan PPKM level 4.

“Dari segi penanganan COVID, semua level 1, namun responsnya masih ada yang terkait vaksinasi yang di bawah 70%, dan juga tingkat tergantung dengan responsnya,” ucap dia.