Nadiem Makarim Targetkan Program MBKM 2022 Diikuti Bisa 150 Ribu Mahasiswa

Pendidikan157 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memastikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) akan terus berlanjut di 2022. Jumlah mahasiswa yang dilibatkan disebut akan ditingkatkan tiga kali lipat dibanding 2021.

“Kalau yang tahun lalu ada 50 ribu mahasiswa dari seluruh Indonesia ikut program MBKM, tahun ini menargetkan tiga kali lipat 150 ribu mahasiswa,” kata Nadiem dalam Pembukaan Perdagangan BEI dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman ISEI dengan KADIN Jakarta, Selasa, 25 Januari 2022.

Nadiem menyatakan pihaknya tak akan sekadar melanjutkan program MBKM. Namun, di tahun ini pihaknya turut melakukan evaluasi terhadap program tersebut.

“Dari awal kami sudah berkomitmen untuk mengevaluasi, memperbaiki dan meningkatkan skala dari program ini. Setiap semester akan semakin baik semakin berkembang,” terang dia.

Menurutnya, tahun ini adalah waktu yang tepat untuk mengakselerasi program MBKM. Setelah tahun lalu menjadi tahun inkubasi bagi perogram MBKM.

“Kalau tahun lalu adalah tahun inkubasi, sekarang kita masuk ke tahun akselerasi kegiatan MBKM tahun ini semakin banyak dan variatif karena kerja sama antara PT dan dunia usaha semakin ditingkatkan,” jelasnya.