Ini 5 Hal yang Harus Dilakukan Sambut Semester Baru

Pendidikan157 views

Inionline.id – Libur semester akan segera berakhir, lalu kamu pun harus kembali bersiap menyambut semester baru setelah liburan lanjang yang mengasyikan.  Terkait kebijakan baru sekolah dan perguruan tinggi di pandemi ini guna menyambut semester baru 2022, masih disarankan secara daring di beberapa sekolah.

Namun, beberapa kegiatan pembelajaran di sekolah maupun kampus masih ada yang diarahkan untuk menggelarnya secara bauran atau blended learning antara tatap muka dengan daring atau online di 2022.

Meski begitu, tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkan diri dan resolusi untuk menyambut semester baru! Apa saja sih yang harus dilakukan untuk menyambut semester baru nanti? simak yuk artikel berikut yang dilansir dari laman Ruangguru ini:

1. Evaluasi Semester Lalu

Betul, evaluasi. Barangkali selama semester lalu kamu sering membolos, atau tidur waktu kelas online? Yuk mulai memasuki semester baru diubah kebiasaan buruk untuk menuju versi terbaik dari dirimu sendiri.

Misalnya, mendengarkan dan memberikan perhatian penuh ketika dosen atau gurumu sedang mengajar, atau menghargai beliau ketika sedang belajar dengan mengaktifkan kamera saat belajar online.

2. Disiplin pada Jadwal dan Waktu

Disiplin dan menghargai waktu adalah hal yang tidak mudah. Tapi, tidak ada salahnya mencoba demi memperoleh nilai akademik yang lebih bagus di semester baru nanti. Perhatikan jadwal kelas dan targetmu.

Meskipun online, rencana studi selama satu semester ke depan harus terorganisir dengan baik. Benar bukan? Yuk buat target dan goals selama satu semester nanti. Kamu bisa buat di kertas bergambar dan beri warna sesuka hati, lalu tempelkan di dinding kamarmu!

3. Buat Mind Map Belajarmu

Kamu pasti sudah tidak asing dengan mind map. Mencari ide dan topik materi dapat memudahkan kita untuk memahami esensi materi yang akan diajarkan.

Kamu bisa buat mind map sekreatif mungkin dengan ditambah warna-warni krayon atau spidol. Dijamin deh, selama pembelajaran nanti, kamu akan lebih mudah jika sudah mempersiapkan mind map materi buatanmu sendiri.

4. Mencari Motivasi dan Semangat Baru

Mengawali semester baru, yuk tingkatkan kembali motivasi dan semangatmu. Temukanlah support system yang selalu memberikan kamu dukungan positif. Sahabat, keluarga, dan orang tua, kamu bisa menjadikan mereka motivasi kamu untuk semangat memasuki semester baru. So, jangan kasih kendor semangatmu ya!

5. Siapkan Aplikasi Belajar Terbaik

Semester baru ini beberapa di antara kita masih dilanda ketidakpastian. Antara mulai pembelajaran tatap muka, atau tetap offline? Namun daripada kita sibuk memikirkan hal yang enggak bisa kita kontrol, hal paling bijak adalah melakukan persiapan sendiri dengan menyiapkan sejumlah aplikasi belajar sebagai teman belajarmu yang belakangan ini semakin banyak pilihannya.