Danone-AQUA dan H&M Meluncurkan Koleksi Kedua Pakaian Anak dari Botol Plastik

Inionline.id – Danone-AQUA bersama H&M kembali meluncurkan koleksi kedua pakaian anak dari botol plastik yang dikenal dengan Bottle2Fashion. Jefri Ricardo, Packaging Sustainable Ssenior Manager Danone-AQUA dalam acara launching and presentation Bottle2Fashion Selasa (19/1) mengatakan, inisiatif ini dibuat sebagai salah satu solusi untuk masalah polusi plastik di Indonesia.

“Bottle2Fashion adalah salah satu solusi yang menarik dan bisa menjadi di inspirasi,” kata Jefri.


Berbeda dengan koleksi sebelumnya yang dikeluarkan untuk anak-anak kecil, koleksi kali ini ditujukan untuk anak yang lebih besar.

“Koleksi sebelumnya itu lebih diperuntukkan untuk para small girls dan small boys atau anak-anak kecil dan yang memang masih basic aja. Tapi, untuk kali ini kita memang mempunyai desain yang berbeda dan ini untuk anak-anak yang usianya lebih besar 9 sampai 14 tahun,” ujar Communications Manager, H&M Indonesia, Karina Soegarda.

Seperti apa proses pembuatannya

Begini Cara Danone-AQUA dan H&M Buat Pakaian Anak dari Botol Plastik

Danone-AQUA dan H&M Luncurkan Koleksi Kedua Pakaian Anak dari Botol Plastik (1)
Anya Safira, Social Environment Program Stakeholder Engagement and Public Affairs Manager H&M mengatakan bahwa setidaknya ada lima tahap yang dikerjakan untuk mengubah sampah botol plastik menjadi polyester –material yang digunakan untuk membuat koleksi Bottle2Fashion.

“Jadi, sebetulnya ada 5 tahap dari awalnya bentuk botol yang pertama botol-botol plastik tadi, dipotong atau dicacah menjadi kepingan yang dengan ukuran kecil. Dari proses ini kemudian dipanaskan dengan suhu di angka tertentu lalu dia dibentuk menjadi yang namanya palet dengan ukuran lebih kecil,” kata Anya.

Danone-AQUA dan H&M Luncurkan Koleksi Kedua Pakaian Anak dari Botol Plastik (2)
Proses selanjutnya dilakukan oleh mitra produksi di Jawa Barat untuk diubah menjadi recycle polyester fiber. Setelah itu, polyester ditempel dan digabungkan dengan materi lain jika dibutuhkan sehingga bisa menjadi bahan fabric atau bahan yang digunakan untuk koleksi pakaian ini.

Terakhir, baru lah daur ulang botol plastik ini terbentuk menjadi pakaian anak yang bisa digunakan sehari-hari. Meski terbuat dari bahan botol plastik, koleksi pakaian ini sudah dipastikan aman untuk kulit anak karena telah melalui berbagai tahapan quality check yang sangat ketat, Moms.

Koleksi Battle2fashion ini tersedia di seluruh outlet H&M di seluruh dunia dan bisa dibeli secara langsung maupun online dengan harga mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 449.000.