12 Januari Vaksinasi Booster COVID-19 akan Dimulai

Berita057 views

Inionline.id – Pada 12 Januari 2022 Vaksinasi booster COVID-19 di Indonesia akan dimulai. Vaksinasi booster ini akan diberikan ke golongan dewasa.

“Saya ingin meng-update vaksinasi booster sudah diputuskan oleh bapak presiden akan jalan tanggal 12 Januari, ini diberikan ke golongan dewasa di atas 18 tahun sesuai rekomendasi WHO,” kata Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam jumpa pers, Senin (3/1/2022).

Budi juga mengungkap kriteria daerah yang akan menggelar vaksinasi booster. Lebih dari 200 daerah yang memenuhi kriteria tersebut.

“Dan akan diberikan ke kabupaten/kota yang sudah memenuhi kriteria 70 persen suntik pertama dan 60 persen suntik kedua. Jadi sampai sekarang ada 244 kabupaten kota yang sudah memenuhi kriteria tersebut,” ujar Budi.

“Vaksinasi booster ini juga akan diberikan dengan jangka waktu di atas 6 bulan sesudah dosis kedua. Kita identifikasi ada sekitar 21 juta sasaran di bulan Januari yang sudah masuk ke kategori ini,” sambung Budi.

Perihal jenis vaksin booster, Budi mengatakan hal itu masih dibahas. Namun dia mengatakan bakal ada warga yang menerima booster dengan jenis vaksin sama dan ada juga yang menerima vaksin jenis berbeda.

“Dan jenis booster-nya nanti akan kita tentukan ada yang homolog atau jenisnya sama, ada yang heterolog jenis vaksinnya berbeda. Ya mudah-mudahan nanti akan segera bisa diputuskan tanggal 10 sudah keluar rekomendasi ITAGI dan BPOM,” imbuh Budi.