Untuk Redakan Trauma Warga Terdampak Erupsi Semeru Gubernur Jatim Mengerahkan Tim

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) mengerahkan tim trauma healing ke pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru, di Kabupaten Lumajang.

Tim ini ditugaskan untuk menghilangkan rasa trauma pengungsi dengan sasaran utama perempuan, anak-anak, dan warga lanjut usia.

“Saya perintahkan agar tim psikososial segera melakukan assessment terhadap anak-anak,” kata Khofifah saat meninjau daerah terdampak bencana, di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Minggu (5/12).

Tim trauma healing, kata Khofifah, juga mengajak anak-anak berkegiatan. Hal itu untuk memberikan hiburan terhadap mereka agar trauma tak berkepanjangan.

“Anak-anak di pengungsian akan didampingi memberikan hiburan kepada mereka,” ucapnya.

Selain itu Khofifah mengatakan Pemerintah Provinsi Jatim telah mengirim ratusan paket bantuan ke Kabupaten Lumajang berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, baju anak-anak, dan sembako.

Kemudian bantuan lain juga dikirimkan yaitu terpal, kantong jenazah, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih dan suplemen.

Selain itu, juga dikirimkan trail, chainsaw, tenda pengungsi, tenda posko, genset, light tower, velbed, sleeping bag, police Line, cangkul, sekrop, kabel, jurigen, sepatu boot, kacamata google, toolkit, helm dan antena tower hidrolis.

Terakhir, kepada Pemerintah Lumajang, Khofifah meminta agar koordinasi antara wilayah Candipuro dan Pronojiwo harus terus dilakukan untuk memastikan kebutuhan warga dan pengungsi selalu tercukupi. Termasuk di antaranya kebutuhan penanganan kesehatan bagi para pengungsi.

Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah dilaporkan mengalami erupsi disertai memuntahkan awan panas guguran, Sabtu (4/12), sekitar pukul 15.00 WIB.

“Terjadi peningkatan aktivitas Gunung berapi Semeru disertai awan panas guguran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Timur (Jatim), Budi Santosa melalui keterangan tertulisnya.

Ia memaparkan, hujan abu juga terjadi di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, serta Supiturang, Pronojiwo, Lumajang. Warga diminta untuk menyelamatkan diri.

Selain itu Budi juga memperingatkan agar warga yang berada di sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru untuk mengevakuasi diri ke wilayah yang aman. Dilaporkan guguran material letusan Semeru dan awan panas menuju Curah Kobokan, Lumajang.