Terkait Aksi Buruh, Aliansi Mahasiswa Minta WH Bersikap Humanis

Antar Daerah257 views

Inionline.id – Aksi buruh sudah menjadi rutinitas tahunan yang di lakukan di tiap-tiap daerah, aksi buruh tersebut biasanya untuk meminta kenaikan UMK atau UMR untuk naik sebagaimana keadaan di daerahnya masing-masing.

Sayang, aksi buruh di provinsi banten pada tahun 2021 terjadi kurang efektif lantaran ada rasa ketidak puasan yang di rasakan oleh buruh dari respon gubernur banten, yang mana sejak awal buruh aksi di depan kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B ) provinsi banten pak gubernur tidak pernah menemui masa aksi padahal masa aksi hanya ingin berdialog dengan pak Gubernur.

Menurut Riyan Ardiansah sebagai sekertaris dari aliansi mahasiswa pemuda tangerang “ saya pribadi sangat menyayangkan pak gubernur tidak menemui rekan-rekan buruh, padahal jika pak gubernur bisa menemui masa aksi buruh tersebut mungkin tidak akan kejadian seperti yang tidak di harapkan seperti sekarang ini” 27/12/21.

Riyan menilai Aksi buruh terus di lakukan lantaran buruh kesal dengan pernyataan Gubernur banten yang mengatakan kalau pengusaha lebih baik mencari pekerja baru jika karyawannya menolak UMK yang sudah ditetapkan pada Keputusan Gubernur Banten Nomor 561/Kep.282-Huk/2021. Perkataan tersebut rasanya kurang pantas di ucapkan oleh seorang pemimpin kepada rakyatnya,orang yang di pilih oleh rakyat, bekerja untuk rakyat menyampaikan ucapan seperti itu, padahal Masa buruh hanya ingin berdialog dengan gubernur banten untuk menanyakan mengapa kenaikan upah di provinsi banten ini sangat tidak manusiawi?. Seharusnya ada alasan kuat yang di sampaikan oleh gubernur banten kepada masa aksi buruh.

Riyan mengingatkan seharusnya pak gubernur bisa amanah terhadap jabatannya artinya beliau harus mampu menjalankan sekaligus menjaga kepercayaan yang diembankan di pundaknya secara profesional.

Sifat amanah ini juga seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin di negeri ini. Pemimpin yang memiliki kredibilitas dan integritas yang tinggi, pemimpin yang amanah akan menyadari bahwa ia mengemban amanah untuk melayani kepentingan rakyat. pak gubernur kedepannya harus bisa terbuka kepada masa aksi supaya masa aksi bisa menyampaikan secara baik-baik, baik masa aksi buruh, mahasiswa dan yang lainnya.

“saya pribadi menyayangkan ketika mendengar masa aksi di laporkan ke polisi oleh pak gubernur Banten ,dan saya juga ingin mengingatkan kepada pak gubernur mereka yang bapak laporkan adalah rakyat bapak yang seharusnya bapak bisa lindungi mereka. Buang jauh sikap arogansinya dan perlihatkan sikap humanis bapak gubernur.” Tutup riyan

Sumber: beritafakta.id