Saat Malam Tahun Baru 680 Personel TNI-Polri Dikerahkan untuk Mengamankan Jalur Puncak

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Sepanjang jalur menuju Puncak, Bogor Polisi mengatakan ada 680 personel gabungan dari TNI, Polri hingga Dinas Perhubungan (Dishub) yang dikerahkan. Polisi juga memprediksi beberapa titik kemacetan.

“Tahun baru di Puncak saja tadi pagi kita menyiapkan sekitar 680 personel gabungan di sepanjang jalur,” ujar Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata kepada wartawan, Jumat (31/12/2021).

Dicky mengatakan belum ada peningkatan volume kendaraan yang menuju puncak pada hari ini. Dia memprediksi kemacetan bakal terjadi di area Gunung Mas hingga Rindu Alam.

“Kami melihat titik kemacetan atau kerumunan masyarakat di malam tahun baru itu ada mulai Gunung Mas sampai dengan Rindu Alam atau titik batas dengan Kabupaten Cianjur,” ujarnya.

Dia menyebut polisi bakal menerapkan sistem satu arah atau one way mulai pukul 22.00 WIB dari Puncak menuju Jakarta.

“Untuk pelaksanaan one way, kami laksanakan pukul 10.00 WIB malam. Jadi pukul 10.00 WIB malam nanti pemeriksaan posko prokes akan kita hentikan sementara selama berlangsungnya one way arah bawah (Jakarta),” kata Dicky.

Dicky menyebut tidak ada penutupan jalur di Puncak. Langkah tersebut dilakukan agar perekonomian di kawasan Puncak bisa tetap berjalan.

“Penutupan tidak ada. Jadi jalur Puncak, kami Satlantas Polres Bogor tidak ada melakukan penutupan,” bebernya.

Polres Bogor, katanya, bekerja sama dengan Polres Cianjur dan Sukabumi terkait pengamanan jalur Puncak. Termasuk untuk mengawasi jalur-jalur alternatif menuju Puncak.

“Kami sudah koordinasi dengan Polres yang berbatasan dengan kami yaitu Polres Cianjur di jalur belakang dan di Sukabumi juga kami sudah koordinasi untuk jalur-jalur alternatif bagi masyarakat yang akan berkunjung ke Puncak,” ujarnya.