Reses Dewan Jabar Supono, Program Vokasi Pemprov Jadi Solusi Masalah UKM Desa Teluk Pinang Bogor

Antar Daerah357 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Provinsi Jawa barat H. Supono menggelar reses di Desa Teluk Pinang, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (02/12/2021). Dalam acara tersebut hadir para kader Posyandu desa setempat, pegiat UMKM, serta tokoh masyarakat setempat.

Aspirasi yang cukup menarik perhatian H. Supono datang dari Yuyung selaku Koordinator Desa (Kordes) UKM Desa Teluk Pinang.

Dirinya bersama para anggotanya menginginkan agar H. Supono bisa mengadvokasi program pelatihan kemasan (packing) produk bagi seluruh produk-produk UKM Teluk Pinang.

“Untuk UMKM ini saya ingin pelatihan untuk kemasan pak, alhamdulillah di Desa Teluk Pinang ini ada yang memproduksi makanan ringan pak cuma belum ada kemasannya pak, jadi kemasan itu harus ada merk, serta kalau bisa kami ingin punya gallery pak supaya UMKM desa ini semakin maju,” tutur Yuyung.

Menanggapi aspirasi tersebut, H. Supono mengatakan bahwa yang terkoneksi dengan aspirasi pelatihan kemasan ini terdapat program vokasi di Pemprov Jabar.

“Mudah-mudahan ini bisa disinergikan dengan masyarakat yang kebanyakan kaum ibu-ibu yang punya produk unggulan di wilayahnya masing-masing bisa lebih terampil dan nantinya produk mereka akan memiliki nilai tambah tersendiri,” kata H. Supono.

Secara garis besar, politisi PAN ini memastikan nilai tambah suatu produk UMKM inilah yang menjadi nilai lebih suatu pelatihan dan bimbingan teknis melalui pendidikan vokasi dimana kedepannya produk-produk UMKM bisa lebih bersaing di pasaran.