Penjelasan Kemenkes Atas Kemungkinan Penyebab Pekerja Wisma Atlet Positif Omicron

Berita157 views

Inionline.id – Varian Omicron terkonfirmasi di Indonesia, pekerja di Wisma Atlet menjadi pasien pertama. Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, menyebut bisa saja hal itu terjadi karena adanya mutasi virus karena bertemu banyak orang.

“Iya ini yang artinya kita cari ya, salah satu kemungkinan bisa terjadi mutasi karena dia bertemu dengan banyak orang di pos COVID, sehingga bisa timbul mutasi atau tertular orang lain,” kata Siti, kepada wartawan, Kamis (16/12/2021).

Siti mengatakan kasus itu juta pernah terjadi di beberapa negara. Dia menyebut di beberapa negara ada kasus Omicron tanpa riwayat perjalanan dari luar negeri.

“Ada kasus juga di beberapa negara seperti di USA, Kanada, Spanyol dan Prancis yang juga positif tanpa ada riwayat perjalanan luar negeri,” tuturnya.

Kasus pertama Omicron ini sebelumnya diumumkan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin lewat siaran langsung, Kamis (16/12/2021). Pasien tersebut seorang pegawai pembersih Rumah Sakit Wisma Atlet berinisial N.

“Kementerian Kesehatan tadi malam telah mendeteksi ada seorang pasien N inisialnya, terkonfirmasi Omicron pada tanggal 15 Desember. Pasien N ini adalah pekerja pembersih di Rumah Sakit Wisma Atlet,” kata Budi.

Kini, pasien Omicron berinisal N tersebut sudah dinyatakan negatif Corona. Meskipun demikian, masyarakat dihimbau untuk berhati-hati karena Kemenkes mendeteksi adanya 5 kasus probable Omicron yakni 2 kasus WNI dan 3 kasus WNA Tiongkok

Sampel PCR dari 5 kasus probable Omicron ini masih diproses di Badan Litbang Kesehatan (Balitbankes). Hasilnya akan dikonfirmasi secepatnya.

“Diharapkan dalam 3 hari ke depan kita sudah bisa mengkonfirmasikan apakah benar ini Omicron atau tidak,” ungkap Budi.