Mulai Hari Ini Bank Indonesia Membuka Penukaran Uang Rusak melalui aplikasi PINTAR

Ekonomi057 views

Inionline.id – Mulai hari ini, Kamis (9/12) Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang rusak atau cacat melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR). Layanan tersebut bisa diakses lewat telepon genggam (HP) dengan membuka situs https://pintar.bi.go.id.

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, menyatakan, pemanfaatan aplikasi PINTAR untuk melayani penukaran uang rusak itu merupakan salah satu upaya bank sentral dalam meningkatkan layanan kas kepada masyarakat.

Penukaran uang rupiah rusak/cacat di BI dapat dilakukan pada pukul 08.00-11.30 waktu setempat.

“Masyarakat melakukan penukaran uang rupiah rusak/cacat di kantor BI sesuai dengan tanggal, waktu, dan lokasi yang telah dipesan, dengan membawa bukti pemesanan melalui aplikasi PINTAR,” ujarnya.

Ia menjelaskan, melalui aplikasi PINTAR, masyarakat dapat melakukan pemesanan penukaran uang rupiah rusak atau cacat dengan memilih lokasi kantor BI tempat menukarkan uang, waktu penukaran, dan jumlah nominal uang yang akan ditukar.

Lebih lanjut, ia berharap digitalisasi membuat layanan penukaran uang bagi masyarakat semakin pasti, akurat, aman, nyaman, dan mudah.