Kawasan Monas Ditutup Menjelang Malam Tahun Baru

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Menjelang malam tahun baru 2022 kawasan Monumen Nasional atau Monas sepi. Tak ada pengunjung yang diperkenankan masuk ke kawasan tersebut.

Baik di dalam kawasan maupun di luar tak banyak warga yang mengunjungi Monas pada Jumat siang (31/12). Hanya terdapat segelintir orang yang tengah berfoto-foto dari depan kawasan Monas.

Hasan, menjadi salah satu orang yang kedapatan berfoto-foto di depan kawasan Monas. Warga asal Lampung itu mengaku sengaja berfoto di salah satu tempat paling ikonik di Ibu Kota.

“Saya ke Jakarta ada urusan kerja, jadi sekalian foto-foto aja di depan Monas,” ujarnya di depan kawasan Monas.

Menurutnya, kunjungannya ke Monas ini juga bukan untuk berwisata. Ia mengaku kebetulan melewati Monas setelah Salat Jumat di Masjid Istiqlal.

Kawasan Monas memang menjadi salah satu pusat perayaan tahun baru di Jakarta. Namun, sudah dua tahun sejak pandemi virus corona (Covid-19) kawasan Monas ditutup dan tidak mengadakan perayaan malam pergantian tahun.

Berdasarkan dari informasi akun resmi Monas di Instagram, @monumen.nasional tahun ini kawasan tersebut juga ditutup.

“Sehubungan adanya momen pergantian tahun baru, berdasarkan perubahan atas surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata No.790 Tahun 2021 tentang PPKM Level 1 Covid-19 pada Sektor Usaha Pariwisata. Kami infokan tugu maupun kawasan Monumen Nasional masih ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,” demikian mengutip keterangan dari akun tersebut.

Sementara itu, volume lalu lintas di Jalan Medan Merdeka hingga Thamrin juga masih belum menunjukkan peningkatan. Kendaraan masih terlihat lalu lalang seperti biasa.

Namun, dari pantauan di lapangan, beberapa kendaraan taktis mulai terparkir di Jalan Medan Merdeka, salah satunya berada di Jalan Medan Merdeka Barat.

Seperti diketahui, kawasan Jalan Medan Merdeka dan Jalan Thamrin bakal ditutup. Polisi menerapkan kebijakan Crowd Free Night selama malam pergantian tahun.