Disdik Ciamis Tiadakan Libur Semester Sekolah untuk Mencegah Corona

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis memastikan sekolah tidak ada libur semester karena bertepatan dan natal dan tahun baru (Nataru). Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Asep Saeful Rahmat, Kamis (2/12/2021).

“Jadi Pembelajaran tatap muka (PTM) tetap berlanjut dari tanggal 1 sampai 23 Desember 2021. Untuk tanggal 24 Desember kemungkinan dilaksanakan secara daring. Libur ditiadakan tapi daring dengan pemantauan guru,” ujar Asep.

Keputusan ini mengacu pada Inmendagri nomor 62 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan COVID-19 saat natal dan tahun baru.

“Diharapkan orang tua dan peserta didik berada di rumah, tidak melaksanakan mobilisasi untuk menghindari paparan COVID-19. Sehingga sesuai harapan pemerintah tidak terjadi lonjakan kasus Covid saat momen Nataru,” ucap Asep.

Asep mengimbau kepada para guru untuk memantau siswanya secara daring. Persiapkan untuk semester selanjutnya. “Anak-anak tidak kemana-mana, saling menjaga,” jelasnya.

Menurut Asep, teknis pembelajaran secara tatap muka pun bisa dilakukan bila kondisi kasus covid aman dan terkendali. Namun bila tidak terkendali dilaksanakan secara daring.

“Kita akan evaluasi dulu melihat perkembangan kasus Covid. Teknisnya bisa saja belajar secara tatap muka, tapi sementara daring,” jelasnya.

Sementara itu, Sekda Ciamis Tatang mengatakan dalam menghadapi Nataru, Pemkab Ciamis akan melakukan rapat di pertengahan Desember nanti. Termasuk membahas PTM sekolah.

“Kami akan melakukan rapat koordinasi, dengan Disdik dan Kemenag. Informasinya PPKM level 3 berlaku dari 24 Desember sampai 2 Januari 2022 guna mencegah penyebaran COVID-19,” pungkasnya.