Dewan Legislatif Jabar M. Ichsan: Sinergi Harus dibangun Antara Pemerintah Kabupaten Provinsi dan Pusat Dalam Tangani Bencana

Antar Daerah457 views

Bogor, Inionline.id – Gunung puteri merupakan wilayah yang rentan terhadap bencana dari mulai banjir hingga longsor, dengan hadirnya anggota DPRD provinsi Jawa Barat H. Mochamad Ichsan M. A,Md menjadikan gelaran resesnya sebagai ajang penyerapan aspirasi masyarakat khususnya di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Rabu (08/12/2021).

“Rt 06, rw 09 selalu terdampak banjir, jika di buka di wilayah saya yang banjir, jika di tutup aliran wilayah bojong yang kebanjiran. Lalu longsor 2 tahun lalu sudah pengajuan data di dinas pemukiman malah di oper, dan data rumah yang terdampak sudah ada di Dinas Pemukiman,” kata Ketua BPD Desa Gunung Puteri Endang Suherman.

Menjadi sebuah hal yang perlu di perhatikan jika di lihat dari penuturan ketua BPD setempat dikarenakan bencana alam merupakan suatu hal berdampak fatal jika dibiarkan.

“Kebencanaan ini bukan hanya ranahnya provinsi, karena longsor ini di tahun 2020, sudah berkirim surat ke PUPR, realisasinya ada keterlambatan tapi sudah di sampaikan di dinas pemukiman sedang di gagas lini sektor rumah-rumah yang terkena bencana,” Ujar M. Ichsan.

Simbolis penyerahan proposal permohonan bantuan dari Desa Gunung Putri kepada anggota Komisi IV DPRD Jabar M Ichsan Maoluddin, Rabu (08/12/2021).

Konsentrasi penanganan bencana alam menjadi catatan dalam aspirasi yang terjadi di Desa Gunung Puteri untuk dilakukan pengawalan dalam peninjauan aspirasi yang di berikan oleh masyarakat dan pemerintahannya.

“Tentu saja menjadi sinergi yang harus di bangun antara pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat,” tutur M. Ichsan.

Menurut politisi PKS ini ranah penanganan bencana bisa bersama sama penanganannya atau berkonsep kolaborasi.

“Karena saling mengandalkan, sudah jelas itu ranahnya pemerintah pusat sekalipun ini kejadiannya ada di wilayah Kabupaten Bogor dan masuk kawasan Desa,” pungkasnya.