Erni Sugiyanti Kaget Dana PEN Situ Ciburuy 1 Tahun Belum Juga Cair

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Komisi III DPRD Jawa barat melakukan kunjungan kerja ke Situ Ciburuy, Kamis (11/11/2021). Dalam lawatannya tersebut tujuan utama Komisi III guna mendapatkan informasi potensi pendapatan dari aset Pemprov Jawa barat.

Namun siapa sangka, fakta yang ditemukan di lapangan cukup mengejutkan khususnya bagi anggota Komisi III DPRD Jawa barat Erni Sugiyanti.

Pasalnya sudah satu tahun semenjak Gubernur Jabar Ridwan Kamil menggunakan dana PEN untuk pemulihan ekonomi Jawa barat pasca pandemi Covid-19 nasib Situ Ciburuy sebagai salah satu penerimanya masih belum jelas.

“Kami juga mengecek tempat-tempat yang seharusnya mendapatkan pembiayaan dari dana PEN, salah satunya Situ Ciburuy dan anggarannya belum turun,” ungkap Erni Sugiyanti.

Legislator PKB ini cukup menyayangkan dan terkejut atas temuan tersebut karena di daerah lain pembangunan yang menggunakan dana PEN sudah hampir selesai.

“Harusnya ini semua berbarengan, ya minimal anggaran termin pertamanya sudah turun tapi di Situ Ciburuy ini sama sekali belum turun, kami Komisi III DPRD Jabar harus membantu mereka untuk mensupport mereka supaya ada kejelasan dari Pemerintah Daerah karena sudah cukup lama pihak kontraktornya juga menunggu anggaran tersebut,” tukas Erni Sugiyanti.

Alasan yang didapat pengelola Situ Ciburuy dari pemerintah adalah status pencairan anggarannya masih dalam antrian.

Erni Sugiyanti menduga bahwa komunikasi dan supporting Pemkab Bandung barat kemungkinan kurang ke pihak Pemprov Jawa barat.

“Melihat situasi yang ada, dana PEN ini kalau berjalan seharusnya dibulan November ini 80 persen sudah selesai, untuk Situ Ciburuy anggaran ini penting karena nantinya wilayah ini akan dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk pengembangan UMKM, contoh di sisi danau akan dibangun Pujasera serta beberapa restaurant yang nantinya akan menjadi pendapatan Pemprov Jabar juga,” papar Erni Sugiyanti.

Untuk sementara pengelola Situ Ciburuy ini masih dibawah PSDA yang kemudian nantinya dikerjasamakan dengan pihak BUMD, dan jika BUMDnya tidak memungkinkan baru nanti dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

“Total anggaran yang akan diperoleh Situ Ciburuy ini sekitar 130 miliar rupiah dari dana PEN tersebut, kita akan bantu mempercepat komunikasinya sehingga pendistribusian dana PEN di Jawa barat ini seimbang semuanya,” tutup Erni Sugiyanti.